Tapike.com

Cara Memasang Meta Tag Di Blogspot

Cara Memasang Meta Tag
Cara Memasang Meta Tag Di Blogspot - Kali ini saya akan membahas bagaimana cara memasang meta tag di blogspot. Jika anda seorang blogger pemula mungkin kurang mengerti atau merasa sangat asing dengan kata meta tag. Namun jika sudah mengerti, ini akan menjadi suatu keuntungan bagi anda, karena dengan meta tag tentu akan banyak mendatangkan pengunjung melalui search engine. Memasang meta tag sangat berpengaruh sekali dalam hal search engine optimation. Tanpa meta tag, mesin pencari tidak akan mengenali blog kita.

Meta Tag

Meta tag merupakan sebuah tag atau kode/script dalam bahasa awam yang dibuat atau dipasang didalam template blog untuk memberi tahu mengenai informasi, tema, isi, deskripsi blog, penulis blog dan lainnya kepada mesin pencari atau search engine. Lalu untuk apa diberi tahu ?. agar mesin pencari tersebut dapat mengindeks halaman blog maupun halaman postingan kita dengan mudahnya dan kemudian dapat ditampilkan pada halaman mesin pencari mereka. Meta tag meliputi meta deskripsi, meta keyword (kata kunci), meta author ( penulis), meta robots, dan masih banyak meta lainnya.

Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah meta tag untuk memuat informasi maupun deskripsi dari halaman blog dan halaman postingan blog. Meta deskripsi sangat berguna sekali dan sangat penting sekali bagi blog dalam mesin pencari. Jadi jika anda mengetikkan alamat blog dimesin pencari, kita contohkan saja mesin pencari google. makan akan terlihat judul blog dan dibawahnya akan ada desekripsi blog.

Memasang Meta Tag

Tulisan berada didalam kotak merah pada gambar diatas merupakan meta deskripsi dari blog saya. Nah seperti itulah gambaran apa itu meta deskripsi.
<meta name="description" content="Deskripsi blog">

Meta Keyword

Meta keyword merupakan kumpulan kata-kata fungsinya hampir sama dengan meta deskripsi. Meta keyword juga disisipkan didalam template blog. Meta tag keyword sangat penting keberadaannya, karena dengan kata kunci blog bisa ditemukan halaman web tersebut pada search engine.
<meta name="keywords" content="keyword1 keyword2 keyword3">

Meta Author

Dari tulisannya saja kita sudah mengetahui apa arti dari meta author ini. meta author merupakan meta untuk memberitahukan nama dari penulis suatu blog.
<meta content='Nama penulis blog' name='author'/>

Cara Memasang Meta Tag Di Blog

Ada dua cara memasang meta tag di blog. Cara pertama adalah dengan memasang sintak semua meta (meta deskripsi, meta keyword, meta author, meta robot dan meta lainnya) ke dalam template blog. Untuk cara kedua merupakan cara baru, karena blogger telah menambahkan fitur search preferences ke dalam menu setelan, bisa dilihat di dashboard blog. Namun cara ini hanya bisa untuk memasang meta deskripsi saja. Namun terserah ingin memakai cara mana. Satu lagi perlu diingat, dalam membuat meta deskripsi tidak boleh dari 150 karakter. Mengapa ?. karena jika lebih meta deskripsi akan terpotong.

Cara Memasang Meta Tag Di Template Blog

  • Login ke akun blogger.
  • kemudian klik menu template >>Edit HTML
  • kemudian cari kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/>, Gunakan CRTL + F agar lebih mudah.
  • Lalu pastekan kode di bawah ini.

  • Klik simpan.
Diatas merupakan meta tag versi lengkap. Anda juga bisa untuk tidak memasukkan semua meta tag diatas. Silahkan ganti tulisan berwarna merah diatas.

Cara Memasang Meta Tag Dengan Fitur Search Preferences

Sebelum memasang meta tag dengan cara ini, harus diingat bahwa tag ini hanya untuk meta deskripsi. Anda tidak bisa memasukkan semua meta tag kedalamnya. Cara ini sangat gampang karena blogger telah memberikan kemudahan.
  • Login ke akun blogger sobat.
  • Kemudian klik menu setelan.
  • Klik menu prefenrensi penelusuran/ search prefenrences.
  • Lihat pada bagian meta tag > deskripsi.
  • Lalu klik edit.
  • Klik "yes"
  • Kemudian tambahkan meta deskripsi blog.
Memasang Meta Tag

Namun jika tidak ingin memakai cara diatas. Pasikan tetap mengklik "yes". Apa gunanya ?. Gunanya adalah untuk mengaktifkan fitur meta deskripsi untuk halaman posting. Apa itu fitur meta deskripsi untuk halaman posting ?. Labih lengkapnya simak ulasan dibawah ini.

Cara Memasang Meta Tag Deskripsi Halaman Posting

Sebelumnya fitur meta deskripsi halaman pada halaman posting blogger belum ada, baru-baru ini blogspot telah mempermudah penggunanya dengan membuat sebuah fitur meta deskripsi halaman posting. Bayangkan saja kita harus membuat meta deskripsi untuk setiap postingan dengan kode html. Pasti sangat melelahkan bukan. Nah cara memasang meta deskripsi dibawah ini sangat simple. Anda hanya perlu menulis kata-kata deskripsi atau gambaran singkat dari postingan . Berikut caranya.
  • Sebelumnya harus klik "yes" seperti cara diatas dulu. kemudian klik simpan.
  • Setelah itu saat ingin memposting seasuatu. klik deskripsi penelusuran/ search description.
  • Isikan gambaran singkat dari postingan sobat.
Cara Memasang Meta Tag Di Halaman Posting
  • Klik selesai.
Demikianlah penjelasan saya mengenai apa itu meta tag, meta deskripsi, meta keyword, dan cara memasang meta tag di blog. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
5 Comments Blogger
Disqus
  1. Thanks atas Infonya bro,,,
    saya udah tau tentang meta Tag ,,tapi buat memasang Meta tag di postingan itu saya belum tau,,Ilmu baru buat saya...makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung gan :)

      Hapus
  2. Terima Kasih Untuk Panduan Meta Tags nya Mas, Meta Tags Itu Sendiri Sangad Penting Untuk Indeks Search Enginee.

    BalasHapus
  3. Terima Kasih Untuk Panduan Meta Tags nya Mas, tapi sy bingung bagaimana cara untuk mengetahui bahwa kode diatas sudah berfungsi atau tidak pd blog saya .... mohon bantuannya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengetahui kode di atas berfungsi atau tidak, kunnjungi google.com, kemudian ketikan alamat blog atau pun web anda secara lengkap. Jika kode berhasil, maka dalam hasil pencarian google, di bawah judul blog anda akan keluar meta deskripsi blog anda.

      Hapus


Join This SiteInstagram