Tapike.com

8 Cara Mengoptimalkan SEO Pada Postingan Blog

8 Cara Mengoptimalkan SEO Pada Postingan Blog - Sebelum memulai menulis konten ada kalanya mengoptimalkan SEO. Mengoptimalkan SEO dilakukan agar konten muncul di hasil pencarian google. Tanpa mengoptimalkan seo yg jelas konten  hanya bagaikan angin berlalu yg tidak bisa di jangkau oleh pembaca. Banyaknya persaingan sesama blog memang membuat semua teknik seo kita menjadi pudar. Tentu harus memiliki kesabaran untuk mendapatkan cara yg efektif dalam menerpakan teknik seo pada blog. Dibawah ini ada 8 cara mengoptimalkan seo pada postingan blog yg dapat di coba untuk mendapatkan pengunjung melalui mesin pencari.
8 Cara Mengoptimalkan SEO Pada Postingan Blog

1. Memilih Topik

Memilih topik postingan adalah bagian paling penting untuk menciptakan konten. Topik yang Anda pilih harus searah dengan apa pembaca anda inginkan. Ini harus unik dan asli, serta harus menawarkan sesuatu bernilai bagi pembaca.

2. Melihat Tren Terbaru

Pastikan Anda mengikuti tren terbaru dari berbagai jaringan media sosial. Menulis tentang apa yang sedang tren. Menulis postingan dengan tren terbaru tidak hanya membawa banyak pembaca, juga memberitahu search engine bahwa website/blog anda adalah website/blog yang dinamis, menyediakan konten segar dan terbaru untuk para penggunanya.

3. Memilih Judul Unik

Judul adalah bagian paling penting dari sebuah posting blog, karena dengan judul biasanya para pengguna mesin pencari meng-klik judul konten anda di mesin pencari. Mengoptimalkan judul posting adalah bagian dari menjadi seorang blogger yang baik. Usahakan membuat judul postingan anda unik dan heboh, namun juga tidak melebih-lebihkan karena akan di anggapa sebagai spam.

4. Optimalkan Permalink

Sebenarnya Blogger telah menyediakan permalink otomatis sehingga permalink postingan anda langsung terbuat. Nah, untuk membuat permalink ini menjadi seo anda bisa merubahnya dengan custom permalink. Anda bisa merubah costum permalink adan sesuai dengan kata kunci yang anda bidik. Namun, juga tetap usahakan agar costum permalink tidak terlalu panjang.

5. Judul & Subjudul

Judul blog biasanya menggunakan tag h1, sedangkan untuk judul postingan menggunakan tag h2. Nah, untuk isi postingan anda jangan pernah menggunakan kedua tag tersebut. Untuk subjudul biasanya di gunakan tag h3 dan h4 saja. Ini sangat berguna untuk menentukan hirarki yang jelas dari postingan anda.

6. Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah bagian kedua paling penting dari posting Anda (setelah judul posting), karena apa pengguna cari akan terlihat pada mesin pencari bersama dengan judul konten anda. Tulis deskripsi sangat singkat paling 170-180 karakter, pastikan untuk memasukkan semua kata kunci penting di dalamnya. Sekarang ini blogger telah menyediakan search description untuk setiap postingan. Jika anda kurang mengerti dengan meta deskripsi anda bisa membaca di artikel berikut :
Cara membuat & memasang meta tag di blogspot

7. Internal Link

Internal link merupakan link mengarah ke postingan lainnya. Setiap posting di blog Anda harus memiliki link internal ke postingan lain yang relevan. Ini adalah salah satu dari banyak cara untuk meningkatkan traffic blog. Cobalah untuk membuat setidaknya dua link internal pada awal paragraf postingan, setidaknya satu atau dua lagi di sisa isi postingan.

8. Kata Kunci Kompeten

Kata kunci adalah dasar dari setiap mesin pencari. Setiap pencarian dilakukan berdasarkan kata kunci. Pengguna lebih sering mengetikkan kata kunci di bar pencarian daripada mengetik kalimat. Untuk niche blog Anda, Anda perlu mencari tahu apa kata kunci yang orang cari. Oleh karena itu, berkonsentrasi pada penggunaan jumlah maksimum kata kunci dalam postingan Anda, terutama di paragraf pengantar.

Demikianlah penjelasan saya mengenai  8 Cara Mengoptimalkan SEO Pada Postingan Blog. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
17 Comments Blogger
Disqus
  1. :)
    http://matohtenan.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Makasih atas informasinya mas... :D

    BalasHapus
  3. Terimakasi atas ilmu pengetahuaanya gan sangat berguna sekali bagi kami

    BalasHapus
  4. trims ..sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. makasih gan ilmunya buat pemula seperti aku

    BalasHapus
  6. Thanks gan artikelnya bagus nih buat eksperimen di www.kiatkiat.com situs yg ane kelola, mudah-mudahan dengan menerapkan 8 tips diatas akan membawa dampak positif bagi kelangsungan hidup situs sederhana ini. Salam senyum and sukse selalu

    BalasHapus
  7. Trima kasih banyak atas uraian anda yang cukup lengkap ini, terus terang uraian ini dapat menambah wawasan baru bagiku yang newbie ini.

    BalasHapus
  8. sip bos,sangat membantu bagi saya yg pemula ini

    BalasHapus
  9. wah mantap juga ini tipsnya wajib bookmark nih, nitip lapak ya http://unrang.blogspot.com

    BalasHapus


Join This SiteInstagram