Tapike.com

Stetoskop Akan Punah, Benarkah ?

Stetoskop Akan Punah, Benarkah ?Stetoskop adalah alat yang digunakan oleh dokter untuk mendengarkan detak jantung pasien. Terlepas dari fungsinya, selama ini stetoskop telah menjadi ikon bagi dokter dan dunia kedokteran. Namun faktanya, stetoskop sebagai ikon dokter tak lama lagi akan "punah". Dokter memprediksikan bahwa akan ada alat terbaru yang lebih canggih untuk menggantikan fungsi dari stetoskop yang sudah digunakan selama 200 tahun lebih.
Stetoskop Akan Punah, Benarkah ?
Alat yang dikabarkan akan menggantikan stetoskop tersebut berupa mesin ultrasound (USG) yang hampir menyerupai smartphone. Alat ini bisa mendiagnosis masalah pada jantung, paru-paru, dan organ lainnya secara lebih akurat dibandingkan dengan stetoskop tradisional yang saat ini digunakan, ungkap dokter pada jurnal Global Heart.

"Dengan alat ini, kita tak hanya melihat pada jantung, tetapi juga semua organ dalam tubuh," ungkap Dr Jagat Narula, profesor dari Mount Sinai School of Medicine, seperti dilansir oleh Live Science (23/01).

Kemampuan alat yang lebih akurat ini mampu membantu dokter agar tak melakukan kesalahan diagnosis pada pasien. Selain itu, dokter juga bisa menggunakannya untuk mendeteksi adanya masalah pada seluruh anggota tubuh yang bisa diikuti oleh tes.
Alat USG tersebut awalnya ditemukan pada tahun 1950-an dan saat itu masih berbentuk sebesar lemari es. Namun dengan perkembangan teknologi komputer, kini alat tersebut semakin kecil dan semakin hebat. Meski begitu, masih ada kekurangan pada alat ini, yaitu harganya yang mahal, sekitar USD 8.000 - 10.000 (atau sekitar Rp 97,4 juta - Rp 121,8 juta).

Hal ini membuat alat tersebut tak bisa dengan mudah dijangkau oleh dokter. Selain itu, alasan lain yang membuat teknologi ini tak tersedia secara bebas adalah alat yang masih tergolong baru. Tak banyak orang yang mengetahui dan tahu cara pemakaiannya dengan benar. Namun para ahli tak putus harapan bahwa alat ini bisa digunakan oleh dokter-dokter di masa depan.

"Mulai saat ini mahasiswa kedokteran akan belajar menggunakannya, sehingga mereka akan siap menggunakannya di masa yang akan datang," ungkap Narula.

Bagaimana pendapat Anda tentang stetoskop yang nantinya akan punah dan tak lagi menjadi ikon dokter ini? Kira-kira ikon apa yang akan lekat dengan dokter ketika stetoskop sudah punah?.
2 Comments Blogger
Disqus
  1. Usg yg menggunakan suara sebagai alat deteksi sdh byk digunakan di rs. Tp jika untuk menggantikan stetoskop, rasanya masih jauh. Lg pula seorang dokter yg baik bukan hanya pandai menggunakan teknologi. Menggunakan stetoskop adalah keahlian yg harus dimiliki dokter, karena ia mendengarkan langsung suara detak jantung, bukan sekedar angka di monitor.

    BalasHapus


Join This SiteInstagram