Tapike.com

Triton, Alat Untuk Bernafas Bebas di Dalam Air

Triton, Alat Untuk Bernafas Bebas di Dalam Air - Pernahkan anda menonton film-film James Bond ?. Jika anda teliti, ada pasti pernah melihat scene dimana Bond menggunakan alat yang dapat bernafas bebas dan berlama-lama di dalam air tanpa menggunakan tabung oksigen. Tentu kita mengharapkan alat itu ada di dunia ini dan itu mustahil. Namun kini seorang desainer asal Korea Selatan bernama Jeabyun Yeon telah membuat suatu konsep yang dapat membuat manusia dapat bernafas dan berlama-lama di dalam air tanpa bantuan tabung oksigen yang diberi nama Triton. Jeabyun Yeon sendiri terispirasi dari alat Rebreather milik James Bond yang dipakai di salah satu filmnya. Masker Triton tersebut bertindak seperti insang ikan untuk mengekstrak oksigen dari air sehingga pengguna dapat terus bernapas ketika berada di bawah laut.
Triton, Alat Untuk Bernafas Bebas di Dalam Air

Bagaimana cara kerja Triton ?

Untuk menggunakan alat Triton, pengguna cukup mengigit ujung yang berlubang layaknya menggunakan alat snorkling biasa. Kedua cabang yang berigi befungsi sebagai insang yang mengekstrak oksigen dari air. Cabang berigi tersebut terdapat lubang-lubang kecil untuk tempat masuknya air. Di dalamnya air akan disaring menjadi oksigen dengan alat khusus bernama Chambers. Triton akan menggunakan baterai mikro berukuran 30 kali lebih kecil dari pada baterai biasa. Baterai mikro ini pun dapat di isi ulang 1000 kali lebih cepat.
Triton, Alat Untuk Bernafas Bebas di Dalam Air

Jaebyun Yeon berharap Triton ini dapat menggantikan posisi alat SCUBA yang rumit dalam pemakaiannya. Tentu bukan hanya dia, semua orang di dunia ini pasti ingin mencoba rasanya bernafas di dalam air dan mungkin ada yang ingin hidup di air seperti ikan. Namun pada dasarnya Triton masih merupakan sebuah konsep alat selam masa depan. Jadi anda mungkin butuh waktu yang tidak sebentar untuk memiliki alat ini. Demikianlah penjelasan saya mengenai sebuah alat konsep selam Triton, semoga anda tertarik dan mungkin terispirasi untuk membuat model yang lain.
2 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram