Tapike.com

Kumbang Koksi Mampu Terbang Hingga 74 Mil

Apakah anda pernah melihat kumbang kecil yang berwarna merah dan memiliki polkadot hitam pada sayapnya. Kumbang ini pun sering disebut juga kumbang koksi atau Ladybirds. Mereka mungkin berukuran lebih kecil dari ujung jari anda. Namun jangan remehkan kumbang kecil ini. Tahukan anda bahwa hewan kecil ini mampu terbang hingga 74 mil jauhnya dalam sekali terbang. Para ahli telah menemukan serangga yang dapat mencapai kecepatan yang sama seperti kuda pacu dan dapat terbang pada ketinggian mendekati ketinggian Gunung Ben Nevis. Untuk pertama kalinya, sebuah studi memperlihatkan serangga yang mampu terbang hingga ketinggian lebih dari 3.600 kaki dan mencapai kecepatan 37 mph (54 kilometer/jam).
Kumbang koksi bisa terbang 74 mil dalam sekali terbang
Para peneliti juga meneliti stamina dari kumbang koksi dan menemukan bahwa mereka mampu untuk tetap di udara selama dua jam. Studi kumbang koksi atau sering disebut juga kumbang Ladybirds dilakukan menggunakan perangkat monitoring di Rothamsted Research, dari sebuah lembaga penelitian pertanian yang berbasis di Harpenden, Hertfordshire. Dr. Lori Lawson Handley, dari University of Hull , yang memimpin penelitian, mengatakan "Ketika kita melihat mereka dalam ruang penelitian, mereka terbang begitu cepat. Mereka sangat aktif dan memiliki sayap yang mampu untuk terbang dengan sangat baik."
Kumbang ini pun mampu mendeteksi arah terbang, kecepatan dan ketinggian. Sementara itu sebagian dari hewan kecil ini terdeteksi berada di dataran rendah antara 500 kaki sampai 1.600 kaki, dan yang tertinggi tercatat berada di sekitar 3.600 kaki di atas permukaan laut. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE ini, juga mengemukakan bahwa kecepatan rata-rata kumbang koksi adalah 20mph, meskipun ada beberapa kumbang yang terbang dengan kecepatan hampir dua kali lipat.
Kumbang koksi bisa terbang 74 mil dalam sekali terbang
Rata-rata waktu penerbangan mereka sekitar 37 menit, tetapi yang mengejutkan para peneliti, mereka mampu berada di udara selama dua jam. "Jika kumbang koksi terbang dengan kecepatan maksimum 37 mph (54 Kilometer/jam) selama dua jam, maka mereka dapat mencapai jarak terbang hingga 74 mil. Ini adalah sisi lain dari kumbang koksi yang tidak terlihat oleh manusia." ujar Dr. Lori.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram