Tapike.com

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia - Terowongan adalah sebuah tembusan di bawah permukaan tanah atau gunung. Terowongan umumnya tertutup di seluruh sisi kecuali di kedua ujungnya terbuka pada lingkungan luar. Terowongan biasa digunakan untuk lalu lintas kendaraan (umumnya mobil atau kereta api) maupun para pejalan kaki atau pengendara sepeda. Berbeda dengan terowongan pada umumnya, terowongan di bawah memiliki keunikan tersendiri. Berikut adalah 10 Terowongan Terunik di Dunia.

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia


1. Terowongan Laerdal

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia
Terowongan Laerdal berlokasi di Sogn og Fjordane, Norwegia. Terowongan Laerdal memiliki panjang sekitar 15 mil dan terletak di bawah pegunungan Norwegia. Proses pembuatan terowongan Laerdal sangat lama sehingga di anggap sebagai terowongan dibangun dengan waktu terlama di dunia. Terowongan Laedal dianggap unik karena para arsitektur terowongan Laerdal membuat terowongan laerdal tidak kaku atau monoton. Sehingga para pengendara tidak merasa bosan dan hilang konsentrasi saat melewati terowongan Laerdal. Beberapa solusi digunakan dalam terowongan Laerdal adalah penggunaan lampu biru di dalam terowongan serta tikungan-tikungan halus.

2. Terowongan Channel

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia
Terowongan Channel terletak di Coquelles, Perancis. Terowongan Channel lebih dikenal dengan nama Chunnel memiliki panjang sekitar 31 mil. Terowongan Channel menghabiskan biaya sekitar 20 miliar dolar dalam proses pembuatannya dan selesai pada tahun 1994. Terowongan Channel di anggap unik karena terowongan Channel menghubungkan antar 2 negara yaitu Perancis dan Inggris. Di dalam terowogan Channel pun terdapat banyak terowongan kecil lainnya untuk pengevakusian jika terjadi bencana di dalamnya.

3. Terowongan Zion-Mount Carmel

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia
Terowongan Zion-Mount Camel terletak di Zion Canyon, Utah, Amerika Serikat. Terowongan Zion-Mount di bangun di antara gunung Zion dan Bryce Canyon. Terowongan Zion dibangun menembus batu karang dan pasir keras. Karenanya, terowongan Zion selalu diperbaiki dan diperkuat strukturnya. Keunikannya adalah sisi-sisi terowongan Zion memiliki ukiran-ukiran unik dari formasi batu karang membuat pengendara dapat menikmati perjalannanya.


4. Terowongan Smuggling

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia
Terowongan Smugglin berlokasi di Tijuana, Mexico. Terowongan Smuggling menghubungkan antara meksiko dan Amerika Serikat. Terowongan Smuggling digunakan untuk menyeludupkan narkoba. Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko menemukan terowongan Smuggling. Meskipun terowongan Smuggling belum sepenuhnya selesai, namun terowongan Smugglin sudah dilengkapi dengan pencahayaan, sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun selama dua tahun.

5. Terowongan Marmaray

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia
Terowongan Marmaray terletak di Istanbul, Turki. Terowongan Marmaray di bangun pada tahun 2004 dan hingga kini masih tertunda penyelesaiannya. Uniknya terowongan Marmaray menggabungkan antar 2 benua yaitu Asia dan Eropa. Persisnya terowongan Marmaray membentang di bawah selat Bosporus dengan kedalaman maksimum 180 meter dan merupakan terowongan terdalam di dunia.



6. Terowongan Thames

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia
Terowongan Thames berlokasi di London, Inggris. Panjang terowongan Thames sekitar 1300 kaki dengan kedalaman sekitar 75 kaki. Uniknya, Terongan Thames adalah terowongan bawah air pertama di dunia dan untuk pertama kalinya konsep perisai tunneling di gunakan pada terowongan Thames. Perisai tunneling adalah suatu alat dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel berfungsi sebagai penyokong sementara struktur konstruksi terowongan. Di maksudkan agar para pekerja tetap aman dalam pembuatan terowongan bawah air. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.

7. Terowongan Seikan

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia
Terowongan Seikan terletak di Honshu, Jepang. Terowongan Seikan memiliki panjang 33 mil menghubungkan antara pulau Honshu dengan pulau Hokaido. Terowongan Seikan selesai pada tahun 1988. Uniknya, Terowongan Seikan berada kedalaman 787 meter di bawah permukaan laut. Terowongan Seikan adalah terowongan terpanjang di dunia.



8. Terowongan Yerba Buena Island

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia
Terowongan Yerva Buena Island terletak di Bay Area, California, Amerika Serikat. Dengan diameter 76 kaki, Terowogan Yerba Buena Island adalah terowongan tunggal terluas di dunia. Dibuka pada bulan November 1936.




9. Terowongan Infiltration

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia
Terowongan infiltration berlokasi di 38th Parallel DMZ, Korea Utara. Tiga terowongan berbeda ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara, kemudian pada tahun 1990 terowongan keempat ditemukan. Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran, dan terowongan cukup besar untuk antar-jemput seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak 20 terowongan pengganggu di DMZ, menambah genting hubungan antara Utara dan Korea Selatan.

10. Terowongan Eisenhower–Johnson Memorial

10 Terowongan Paling Unik Di Dunia
Terowongan Einsenhower_Johnson Memorial terletak di Clear Creek Country, Colorado. Terowongan Eisenhower memiliki panjang sekitar 1,67 mil. Terowogan Eisenhower-Johnson dibuka pada tahun 1973. Terowongan Eisenhower berada pada ketinggian 11.158 kaki, menjadikannya salah satu terowongan tertinggi di dunia serta juga merupakan terowongan gunung terpanjang di amerika serikat.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram