Tapike.com

10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Menulis Artikel SEO Friendly
10 Tips Menulis Artikel SEO Friendly - Pada kali ini kita akan membahas tips menulis artikel SEO friendly. Ada kalanya menulis artikel blog berbeda dengan menulis artikel biasa. Ya, untuk penulisan artikel biasa anda tidak perlu memikirkan teknik-teknik SEO untuk diterapakan pada artikel. Namun untuk artikel atau postingan blog anda harus mengetahui bagaimana cara menulis artikel SEO friendly. Hal ini berguna untuk mendatangkan pengunjung ke blog anda melalui mesin pencari. SEO sama halnya ketika anda membuat konten berkualitas. Jika konten anda berkualitas SEO friendly otomatis bukan hanya pembaca, mesin pencari juga senang dengan artikel-artikel anda. Berikut 10 tips menulis artikel SEO friendly.

Perbarui Artikel Secara Teratur

Jika artikel anda adalah artikel jempolan dan menakjubkan tapi anda tidak mempublikasikan secara teratur, tentu anda tidak akan memperoleh pengunjung melalui mesin pencari. Mesin pencari seperti Google ingin memberikan hasil pencari terbaik untuk penggunannya. Untuk hal ini, blog jarang update akan di anggap google sebagai blog bukan sumber dari hasil pencarian. Untuk memperlihatkan mesin pencari bahwa blog anda adalah sumber terbaik untuk pencarian, anda perlu menerbitkan artikel berkualitas tinggi secara teratur. Anda bisa memulai menulis artikel blog anda seminggu sekali. Jika anda memiliki banyak artikel, anda bisa menulis sehari sekali.

Jangan Lupakan Meta Deskripsi

Sebelum menulis artikel SEO, jangan lupa menulis meta deskripsi. Meta deskripsi adalah cara memberitahu mesin pencari tentang artikel atau postingan blog anda, memberi tahu pembaca mengapa mereka harus mengklik blog anda pada hasil pencarian. Cara membuat meta tag di blog

Variasikan Tulisan Dan Panjang Artikel

Dengan selalu menulis artikel dengan jenis dan panjang yang sama, membuat pembaca dan mesin pencari cepat bosan. Ketika anda sudah memvariasikan jenis dan panjang artikel Anda, tidak hanya pembaca, tetapi mesin pencari suka dengan blog anda sehingga mengirimkan banyak pengunjung ke blog anda.

Sertakan Gambar Relevan

Sebelum menulis artikel SEO selalu sertakan setidaknya satu gambar untuk setiap posting blog, gunakan lebih jika anda bisa. Jangan lupa meletakkan kata kunci pada alt tag gambar tersebut untuk memunculkan gambar dari blog anda untuk hasil pencarian gambar.

Panjang Minimum Artikel SEO Friendly

Dalam menulis artikel SEO Friendly, minimum karakternya adalah sekitar 400 sampai 500 karakter. Dengan minimum panjang demikian, dapat membatu mesin pencari untuk meng-crawl artikel anda serta mengatahui tentang isi artikel anda.

Google Authorship

Menyiapkan Google Authorship untuk postingan anda adalah cara SEO tepat untuk mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari Google. Ada kemungkinan bahwa Google mungkin suatu hari nanti memasukkan penulis ke dalam algoritma pencarian. Mengklaim Google Authorship juga bermanfaat untuk SEO karena menciptakan rich snippet untuk posting blog anda ketika mereka muncul dalam pencarian. Hasil pencarian dengan foto, nama, dan informasi Google+ penulias memiliki tingkat klik lebih tinggi daripada dari hasil pencarian yang biasa.

Riset Keyword

Sebelum menulis artikel SEO terlebih dahulu lakukanlah riset kata kunci. Meskipun katanya setiap tahun teknik SEO akan berubah-ubah, namun kata kunci masih sanga penting sampai saat ini. Cari kata kunci yang terbaik untuk bisa diggunakannya dalam semua tempat pada artikel seperti:
  • Judul Artikel
  • URL, jika memungkinkan
  • Meta deskripsi
  • judul dan subjudul
  • Nama gambar, deskripsi, keterangan, dan tag alt gambar

Gunakan Long Tail Keyword

Kata kunci frasa atau kata kunci long tail merupakan kalimat atau frasa yang mengandung kata kunci dari artikel blog. Menulis artikel seo dengan kata kunci long tail mungkin tidak memperoleh lalu lintas setinggi kata kunci yang lebih pendek melalui pencarian, tapi selalu lebih relevan dengan pengguna mesin pencari. Kata kunci long tail sering digunakan oleh pengguna mesin pencari untuk mencari  informasi yang lebih spesifik tentang suatu topik, membuat mereka ideal pada postingan blog. Cara Optimalkan Kata Kunci

Tautan Mengarah Ke Artikel Lain

Membuat tautan internal mengarah ke posting atau artikel lainnya saat menulis artikel blog dapat memberikan banyak manfaat bagi pembaca dan mesin pencari, seperti:
  • Membantu pembaca menemukan apa yang mereka cari
  • Membantu mesin pencari menjelajah setiap halaman di situs Anda
  • Membantu mesin pencari membuat sitemap yang akurat
  • Membuat tautan internal mengarah ke postingan lainnya juga meningkat SEO blog anda sehingga mudah untuk terindeks oleh mesin pencari.

Membuat Gambar Sendiri

Setiap menulis artikel SEO setidaknya harus memiliki satu yang baik, yang membuatnya lebih menarik secara visual dan mudah untuk berbagi melalui media sosial seperti Pinterest. Dengan membuat gambar sendiri mungkin dapat membantu anda mendapatkan lebih banyak pengunjung melalui pencarian gambar.

Demikianlah tulisan saya mengenai tips menulis artikel SEO friendly. Semoga dengan tips-tips di atas dapat membuat blog anda semakin SEO friendly. Jangan lupa berlangganan artikel terbaru dari tapike.com.
2 Comments Blogger
Disqus
  1. kalau cara mengetahui panjang karakter saat membuat artikel di blog itu gimana ya gan? kan ga ada fitur seperti itu.
    kunjungan balik di blog saya ya! di www.diki-pta.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya mudah gan, banyak situs yang menyediakan tools penghitung karakter. Coba agan googling aja. Tips satu lagi, gunakan microsoft word, kan ada penghitung karakter di pojok kiri bawah.

      Hapus


Join This SiteInstagram