Tapike.com

5 Jamur Paling Unik Di Dunia

5 Jamur Paling Unik Di Dunia - Jamur merupakan tumbuhan yang tidak memiliki klorofil. Banyak jenis jamur terdapat di dunia. Kebanyakan jamur bisa dimakan. Tapi anda harus berhati-hati karena ada beberapa jamur beracun dan tidak bisa di makan. Dalam benak kita jamur pasti berbentuk seperti payung. Lain dengan 5 jamur paling unik di bawah. Bentuk Jamur di bawah sungguh unik. Berikut 5 jamur paling unik di dunia.

5 Jamur Paling Unik Di Dunia

Jamur Fly Amanita (Amanita muscaria)

5 Jamur Paling Unik Di Dunia : Jamur Fly amanita
Jamur fly amanita atau Amanita muscaria adalah jamur beracun termasuk ke dalam golongan basidiomycota. Jamur Amanita muscaria memiliki variasi warna berbeda-beda, mulai dari merah terang, jingga, kuning, hingga putih. Jamur Amanita muscaria dapat ditemukan di berbagai daerah di seluruh dunia karena Jamur Amanita muscaria mampu tumbuh di berbagai suhu, mulai dari suhu dingin seperti di kutub hingga daerah tropis sekalipun. Namun, ciri khas dari Jamur Amanita muscaria adalah adanya bercak-bercak putih di bagian kepala. Jamur Amanita muscaria memang terkenal sangat beracun karena dalam 2-3 jam setelah menghirup aroma dari jamur Amanita muscaria dapat terjadi diare, vertigo, koma, muntah, dan beberapa efek lainnya. Pada bagian tubuh Jamur Amanita muscaria, terdapat senyawa asam ibotenat dan muscimol bersifat halusinogen dan psikoaktif. Senyawa tersebut dapat mempercepat mengganggu sistem saraf, denyut jantung, mulut kering, dan halusinasi.

5 Jamur paling unik di dunia : Jamur Cahaya

Jamur Cahaya (Mycena chlorophos)

Jamur cahaya atau jamur Mycena chlorophos  berasal dari genus Mycena famili agaricalous berjenis jamur saprofit. Cahaya jamur cahaya berasal dari enzim luciferase yang mengeluarkan cahaya saat zat luciferin bereasi dengan oksigen. Biasanya jamur Mycena chlorophos hidup di lingkungan lembab seperti hutan tropis Brazil dan Taman Nasional Halimun, Jawa Barat, Indonesia. Hingga saat ini para ahli kehutanan serta ahli biologis belum mengetahui fungsi cahaya dari jamur Mycena chlorophos.

Jamur Dog Stinkhorn (Mutinus caninus)

5 jamur paling unik
Jamur Mutinus caninus umumnya dikenal sebagai Dog Stinkhorn. Berbentuk tipis-tipis kecil, seperti bentuk jamur hutan, dengan ujung gelap. Jamur Mutinus caninus sering ditemukan tumbuh dalam kelompok-kelompok kecil di puing-puing kayu, atau dalam timbunan daun, selama musim panas dan musim gugur di Eropa dan Timur Amerika Utara. Jamur Mutinus caninus umumnya tidak dimakan.

Jamur Jenggot (Hericium erinaceus)

5 jamur terunik
Jamur Hericium erinaceus terlihat seperti mie atau jenggot. Jamur Hericium erinaceus merupakan jamur merang termasuk dalam kelompok jamur gigi. Di alam liar, Jamur Hericium erinaceus biasa tumbuh selama akhir musim panas dan tumbuh pada kayu-kayu mati, terutama untuk jenis Jamur American Beech.

Jamur Sky Blue (Entoloma hochstetteri)

5 jamur paling unik
Jamur biru atau Jamur Entoloma hochstetteri adalah spesies jamur ditemukan di Selandia Baru dan India. Jamur Entoloma hochstetteri memiliki warna unik yaitu warna biru. Warna biru dihasilkan oleh tiga pigmen azulene. Jamur Entoloma hochstetteri tidak untuk dimakan, namum belum ada penilitian lebih lanjut mengenai adanya racun atau tidak di dalam Jamur Entoloma hochstetteri
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram