Tapike.com

Astronom Menemukan Planet Layak Huni Mirip Bumi

Selama beberapa dekade para astronom telah mencari planet mirip seperti bumi yang bisa mendukung kehidupan. Dan sekarang para astronom telah mengumumkan bahwa mereka telah menemukan sebuah planet berukuran 1.1 kali ukuran Bumi berjarak 490 tahun cahaya dari Bumi. Planet tersebut bernama Kepler-186f dan merupakan planet pertama ditemukan dengan kondisi yang tepat untuk adanya air di permukaan serta mendukung kehidupan.
Astronom Menemukan Planet Layak Huni Mirip Bumi

Planet Kepler-186f  ditemukan oleh tim astronom yang dipimpin oleh Elisa Quintana dari SETI Institute di NASA Ames Research Center. Sampai saat ini, mereka telah menemukan ratusan planet, namun sebagian besar planet terlalu besar atau terlalu dekat dengan host star (matahari) mereka untuk mendukung kehidupan. 
Zona Goldilocks
Temuan ini penting karena itu adalah planet seukuran Bumi pertama yang ditemukan di zona habitasi bintang. Zona layak huni juga dikenal sebagai 'zona Goldilocks', adalah daerah di sekitar bintang-bintang yang suhunya tepat untuk air. Bumi misalnya, berada hampir di tengah zona layak huni matahari kita. Meski sebelumnya kami telah menemukan exoplanets (dunia di luar tata surya) di zona ini, belum ada ukuran yang sama seperti bumi.
4 Comments Blogger
Disqus
  1. Wah, dah ada dijumpai planet yang mirip bumi :)

    BalasHapus
  2. Mudahan saja kita sempat maen kesana ya Bang..hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha :D
      Mudah-mudahan saja bisa.
      Karena jaraknya sekitar 490 tahun cahaya.
      Jadi butuh 490 tahun untuk mencapai kesana dengan kecepatan cahaya.
      Tapi kalo ada pesawat yang bisa melebihi kecepatan cahaya, pasti bisa :)

      Hapus


Join This SiteInstagram