Tapike.com

Cara Meningkatkan SEO Blog

Cara Meningkatkan SEO Blog - Pada kali ini kita akan membahas cara meningkatkan SEO blog bagi pemula. Ketika baru mulai belajar tentang SEO, pasti sedikit kewalahan. Tapi sebelum mencoba cara lain, cobalah cara SEO terlebih dahulu. Tidak semua SEO rumit. Bahkan di sini ada beberapa strategi SEO dapat diterapkan langsung ke blog. Tidak perlu skill tinggi untuk meningkatkan SEO blog. Hanya perlu bekerja ekstra awalnya, kemudian hasilnya di dapat pada akhirnya. Berikut cara meningkatkan SEO blog untuk pemula.

5 Cara Meningkatkan SEO Blog

Cara Meningkatkan SEO Blog
Membuat Search Engine Mengindeks Blog

Cara pertama meningkatkan seo blog adalah dengan mempromosikan blog pada hasil pencarian adalah membuat blog terindeks oleh mesin pencari. Suatu cara dimana mesin pencari melihat konten untuk mengetahui apa yang akan dimasukkan dalam hasil pencarian. Maksudnya adalah apabila pengguna mesin pencari mengetikkan sebuah kata, mesin pencari tersebut melihat semua konten hasil indeks mesin pencari tersebut, kemudian mencocokkan dengan konten terindeks lalu menampilkannya pada hasil pencarian. Apabila konten cocok dengan kata yang di cari oleh pengguna maka tidak menutup kemungkinan konten tampil halaman pertama google. Namun ada beberapa faktor penting lain yang menjadi tolak ukur untuk bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian. 
Membuat blog terindeks mesin pencari bukannlah pekerjaan sulit. Dengan hanya menambahkan blog ke mesin pencari terkemuka seperti Bing Webmaster Tools, Google Webmaster Tools. Kemudian buat sitemap blog. Submit sitemap blog ke alat webmaster. 1 poin peningkatkan SEO sudah didapatkan.

Manfaatkan Media Sosial

Meningkatkan seo blog melauli trik media sosial patut di coba. Sekarang media sosial sudah menjadi tren bagi masyarakat dunia. Tentu begitu juga dengan mesin pencari. Mesin pencari juga memperhitungkan seberapa populer blog di media sosial. Kita contohkan saja bila anda terhubung dengan seseorang di Google+, postingan blog mungkin lebih sering muncul di hasil pencarian seseorang tersebut ketimbang dengan orang lain. Selain itu media sosial juga bisa dikatakan tempat berbagi postingan anda secara gratis. Bisa jadi pengunjung blog anda datang dari sosial media seperti facebook, twiiter maupun google+. Anda bisa membuat fanpage blog di facebook guna mempublikasikan postingan. Jika sudah memiliki fanpage, 2 poin kedua peningkatan SEO.

Membuat Widget Artikel Terkait

Ketika berkunjung ke blog-blog lain, pernahkah anda melihat sebuah widget berisikan sekumpulan artikel serupa dengan artikel yang  anda baca. Jika pernah itu merupakan widget artikel terkait atau sering disebut widget related post. Widget related post tidak hanya menarik pembaca meng-klik, namun juga meningkatkan pageview artikel lama atau artikel sedikit pageview. Saya juga mendapat info bahwa ini juga dapat meningkatkan pagerank blog. Tentu tidak harus selalu dengan widget artikel tekait, anda juga bisa memasang widget popular post maupun widget recent post ke blog. Perlu di ingat bahwa link mengarah ke postingan blog lain juga merupakan faktor meningkatkan SEO blog.

Pertimbangkan Kata Kunci Postingan

Tidak perlu menjadi seorang spesialis SEO untuk mempertimbangkan kata kunci dalam upaya blogging. Coba Google Keyword Tool untuk menguji kata-kata atau frasa bidikan yang digunakan dalam postingan. Petunjuk: Fokus pada kata kunci dengan persaingan rendah dan pencariannya tinggi untuk kesempatan keberhasilan.

Membuat Tombol Share

Ketika pembaca membagikan postingan ke media sosial, mereka bertindak mempromosikan konten di platform sosial seperti Facebook, Twitter & Pinterest. Hal ini jelas baik untuk blog dalam hal lalu lintas dan pembaca, tapi juga bermanfaat bagi SEO blog. Semakin banyak konten dibagi, kemungkinan semakin besar konten tersebar. Semakin banyak konten tersebar, maka semakin cepat konten terindesk oleh mesin pencari. 

Seperti anda lihat dari tips dalam posting ini, meningkatkan SEO blog sangatlah mudah. Jangan menunggu untuk memulai meningkatkan blog dalam hasil pencarian, menaikkan trafik serta meningkatkan SEO blog. Terapkanlah tips diatas sekarang juga. Demikianlah penjelasan saya mengenai cara meningkatkan SEO blog bagi pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
13 Comments Blogger
Disqus
  1. hmm, bener juga tuh gan! bisa langsung dipraktekin tuh :D
    kunjungan balik ya! di www.diki-pta.blogspot.com

    BalasHapus
  2. mantabs gan, artikelnya sangat membantu banget gan.teks berat gan

    BalasHapus
  3. Gimana gan caranya buat ngoptimalin struktur tag heading yang bagus

    BalasHapus
  4. Isi artikelnya mantap sekali gan, dapat mempermudah untuk meningkat pengunjung blog saya, semoga bermafaat bagi semua orang.

    BalasHapus
  5. mantap dah artikelnya
    http://acemaxs31.com
    http://i-bikeco.com
    http://mas-galih.com

    BalasHapus
  6. Makasih gan untuk informasinya, sangat membantu :)

    BalasHapus
  7. Makasih gan untuk informasinya, sangat membantu :)
    http://grosiracemaxstasik.com/

    BalasHapus
  8. gan ane mau bertanya, kalo website yang banyak memakai link luar / scrip luar ke website kita misalkan website saya mau menambahkan widget musik dari soundcloud / dll, apa website saya akan berkurang seo-nya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa jadi. Jika widget tsb dapat memperlambat loading blog/website, tentunya akan mengurangi nilai SEO blog/web. Pastinkan hanya memasang widget yg perlu bagi pengguna. Sekiranya tidak perlu, mending dihapus aja gan.

      Hapus
  9. the discussion was very interesting to read, awaited the article more interesting yes .. Do not forget to visit the article about the health of the following:

    http://blogobattasik.com/cara-mengobati-kelenjar-getah-bening/
    http://pengobatanalami88.com/pengobatan-alami-darah-tinggi/
    http://obattumorrahang.9kes.com/

    BalasHapus


Join This SiteInstagram