Tapike.com

Apakah Ikan Juga Butuh Tidur?

Apakah ikan juga butuh tidur?
Mungkin hal ini adalah pertanyaan anak-anak dan banyak orang yang sudah mengetahuinya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan banyak orang yang juga masih belum mengetahuinya. Apakah ikan itu tidur?

Tentunya, semua makhluk hidup di seluruh dunia ini memerlukan istirahat untuk menyimpan atau juga mengisi kembali energi yang terkuras setelah beraktivitas.

Apabila manusia beristirahat dengan cara tidur dan hewan-hewan di darat serta udara juga melakukan hal yang sama, bagaimana dengan ikan? Menurut pakar, ikan ternyata juga mengalami proses istirahat dan tidur seperti makhluk hidup lainnya. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan antara ikan dan makhluk hidup di darat.

Menurut penelitian, kebanyakan ikan juga tidur namun dikarenakan tidak memiliki kelopak mata seperti manusia atau hewan di darat lainnya.

Beberapa ikan akan beraktivitas dan tidur di malam hari, namun ada ikan-ikan jenis lain yang justru beraktivitas di malam hari dan istirahat atau tidur di siang hari.

Mayoritas ikan-ikan yang tidur di malam hari akan menyembunyikan dirinya di antara bebatuan dan karang untuk menghindari pemangsa. Para peneliti juga menjelaskan bahwa hal itu dapat dilihat dengan mengambil contoh ikan-ikan yang ada di akuarium. Apabila dalam keadaan istirahat atau tidur, maka ikan-ikan tersebut hanya akan berhenti pada satu titik dan tidak melakukan banyak gerakan.

Namun ternyata, tidak semua ikan itu tidur atau beristirahat. Ada golongan ikan-ikan yang aktif bergerak sepanjang waktu. Khusus untuk golongan hiu, hewan satu ini akan tidur dengan terus berenang-renang karena mereka melakukannya untuk dapat bernapas dalam air.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram