Tapike.com

Antonio Meucci, Sang Penemu Telepon Sebenarnya

Antonio Meucci, Sang Penemu Telepon Sebenarnya
Antonio Meucci, Sang Penemu Telepon Sebenarnya - Telepon adalah alat komunikasi yang menandai majunya teknologi di bidang komunikasi. Jika dahulu manusia hanya mengandalkan surat menyurat untuk menyambung komunikasi, kini kehadiran telepon memudahkan semua orang untuk saling berkomunikasi. Pernahkah anda membayangkan seperti apa rupa telepon saat pertama kali ia ditemukan? Tentunya sangat sederhana jauh dari tampilan dan kecanggihan telepon saat ini. Sang penemu telepon pertama kali adalah pria bernama Antonio Meucci yang berasal dari Italia. Dunia memang mengenal Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon, tapi pada bulan Juni tepatnya tanggal 11 tahun 2002, Kongres Amerika Serikat melalui penelusuran sejarah yang objektif dan mendalam menetapkan bahwa penemu telpon yang sesungguhnya adalah Antonio Meucci. 

Biografi Antonio Meucci, Sang Penemu Telepon Sebenarnya

Antonio Santi Giuseppe Meucci diketahui lahir pada tanggal 13 April tahun 1808 di San Frediano. Ia kemudian meninggal pada tanggal 18 oktober tahun 1889. Meucci merupakan seorang ilmuan yang dikenal menghabiskan seluruh waktunya untuk meneliti alat-alat baru, termasuk di dalamnya telpon. Meucci merupakan imigran di Amerika Serikat.

Ia merupakan lulusan sebuah sekolah kesenian bernama Firenze. Meski demikian, rasa ingin tahunya sangat kuat sehingga di waktu senggangnya ia banyak meneliti benda-benda dan merangkainya menjadi alat yang bermanfaat. Selain telepon, Antonio Meucci ini juga dikenal karena alat penyembuhannya yang menggunakan setrum listrik bisa menyembuhkan penyakit tertentu. 

Meucci menemukan telepon pada tahun 1849 dan kemudian mematenkan penemuannya pada tahun 1871. Akan tetapi paten yang ia gunakan hanyalah hak paten yang berlaku selama satu tahun. Meucci memang dikenal sebagai seseorang yang hidup pas-pasan dan uangnya juga banyak terkuras oleh biaya penyembuhannya. Meski keuangannya terbatas, Meucci tetap berusaha untuk memperkenalkan penemuannya.

Salah satu usahanya adalah dengan mempresentasikan “telegraf berbicara” yang ia temukan kepada pihak Western Union. Setelah itu ia kemudian meminta untuk bertemu dengan Edward B Grant, wakil ketua Western Union. Sayangnya mereka selalu menolak dengan alasan tak punya banyak waktu. Selang dua tahun, Meucci memutuskan untuk meminta kembali segala materi yang berkaitan dengan penemuannya yang dahulu diberikan kepada Western Union. Namun Meucci harus gigit jari sebab mereka beralasan semua dokumennya hilang.

Pada tahun 1876, Meucci kaget saat seorang bernama Alexader Graham Bell mendaftarkan paten sebagai penemu telepon. Ia tak terima dan memanggil pengacara untuk berperkara. Sayangnya, Money Talks dan Meucci harus menelan kekalahan dan memilih merelakan telepon diakui oleh Bell. 

Namun fakta akan selalu terkuak pada waktunya. Di luar rencana, hubungan antara Alexander Graham Bell dan pihak perusahaan Western Union memburuk. Kemudian muncullah fakta yang mengagetkan banyak pihak. Ternyata ada konspirasi antara Bell dan Western Union.

Untuk mendapatkan materi telepon milik Meucci, Bell ternyata sepakat membayar Western Union dengan kalkulasi 20% dari keuntungan patennya selama 17 tahun. Terkuaknya fakta ini membuat beberapa orang kembali menelusuri siapa sebenarnya penemu telepon. Penyelidikan tersebut berakhir di nama Antonio Santi Giuseppe Meucci, yang sebenarnya telah mematenkannya di tahun 1871 meski hanya berupa paten sementara. 
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram