Tapike.com

10 Bunga Paling Unik Di Dunia

10 Bunga Paling Unik Di Dunia - Bunga merrupakan alat reproduksi dari suatu tumbuhan. Bentuk dan warna bunga yang unik serta beragam, memikat mata untuk memandangya. Tak jarang ada bunga yang menyebarkan bau harum. Dari sekian banyak bunga di dunia. Dibawah ini adalah rangkuman 10 bunga-bunga unik. Penasaran, berikut 10 bunga paling unik di dunia

1. Bunga Sungsang (Gloriosa Superba)

10 bunga paling unik di dunia
Bunga paling unik pertama adalah Kembang Sungsang. Kembang sungsang adalah tumbuhan yang merupakan salah satu dari enam jenis dalam genus Gloriosa. Kembang unik  yang tumbuh merambat ini umum dijumpai di Indonesia. Umbi kembang sungsang beracun sekaligus berkhasiat pengobatan. Tumbuhan ini menghasilkan bunga berwarna merah atau kuning serta pinggiran tepi bungan bergelombang. kembang Sungsang merupakan bunga nasional dari negara Zimbabwe.

2. Bunga Anggrek Lebah (Ophrys Apifera)

10 bunga paling unik di dunia
Bunga paling unik selanjutnya adalah Bee Orchid atau Anggrek Lebah. Bunga ini termasuk kedalam kategori keluarga anggrek. Dinamakan dengan Bee Orchid karena memang bentuk bunganya yang seperti lebah. Memiliki kelopak berwarna ungu yang cantik serta bagian tengahnya yang berbentuk seperti lebah gendut.

3. Corpse Lily (Rafflesia Arnoldii)

10 bunga paling unik di dunia
Bunga Raflesia Arnoldi merupakan bunga terbesar di dunia, dan juga termasuk dalam kategori Langka. Bunga Raflesia ini terkenal dengan keunikanya, yaitu hanya merupakan miselium yang memparasit tumbuhan inang, tidak memiliki daun akan tetapi mampu menghasilkan bunga yang ukuranya sangat besar. Raflesia merupakan tumbuhan asli dari Indonesia yang mana hanya bisa di jumpai di daerah Kalimantan dan Sumatera.

4. Bunga Cendrawasih (Strelitzia reginae)

10 bunga paling unik di dunia
Bunga paling unik selanjutnya adalah Bunga Cendrawasih atau Bird of Paradise. Tanaman asal Afrika Selatan ini bisa tumbuh subur dan berbunga di Indonesia. Strelitzia memiliki tampilan bunga yang mirip kepala Cendrawasih (Birds of Paradise). Setiap bunganya terdiri dari beberapa kelopak runcing dan tegak lurus, yang muncul dari sebuah kelopak lain yang berbentuk seperti perahu. Warna kelopaknya bisa paduan oranye-biru, kuning-biru, atau putih-biru.


5. Bunga Huernia oculata

10 bunga paling unik di dunia
Tanaman berbunga ini milik keluarga Apocynaceae sejenis tumbuhan kaktus yang memiliki bunga. Tanaman ini memproduksi batang-batang kecil yang dapat digunakan untuk menyebarkan tanaman. Tanaman ini cukup mudah tumbuh di tanah berdrainase baik dan iklim kering. Bunga unik ini memiliki sepuluh sisi yang melengkung dan berwarna putih dengan bintik-bintik ungu.


6. Bunga Bleeding Heart (Lamprocapnos)

10 bunga paling unik di dunia
Bunga paling unik selanjutnya adalah Bunga Bleeding Heart. Bunga ini sangat cantik dengan warna merah, pink atau putih yang lembut. Tanaman berbentuk semak ini banyak ditemukan di Asia dan Amerika. Bentuknya seperti hati yang meneteskan darah sangat disukai oleh kolektor tanaman dan sangat indah bila ditaman di pekarangan rumah. Sayangnya tanaman ini merupakan tanaman subtropik sehingga kurang cocok ditaman di Indonesia.

7. Bunga Fritillaria meleagris

10 bunga paling unik di dunia
Bunga ini diberi nama oleh seorang ahli botani asala Swedia, Carl Linnaeus pada tahun 1753. Nama Fritillaria berasal dari kata latin fritillus, yang berarti kotak dadu, mengacu pada tanda kotak-kotak pada bunga.

8. Maypop Passionflower (Passiflora incarnata)

10 bunga paling unik di dunia
Passiflora incarnata, umumnya dikenal sebagai maypop, passionflower atau aprikot liar adalah tanaman abadi yang tumbuh cepat dengan merambat. Bunga cenderung berwarna ungu dengan bentuk yang rumit serta memiliki benang sari yang menonjol.

9. Bunga Kecombrang (Etlingera elatior)

10 bunga paling unik di dunia
Bunga paling unik selanjutnya adalah bunga Kecombrang. Kecombarang adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Nama lainnya adalah kincung (Medan), kincuang dan sambuang (Minangkabau) serta siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya kaalaa. Di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot dan keduanya bisa dijadikan sambal.

10. Sea Poison Tree (Barringtonia asiatica)

10 bunga paling unik di dunia
Barringtonia asiatica juga dikenal sebagai Pohon Racun Laut berasal dari Samudera Hindia. Pinggiran bunga ini runcing dan ada tonjolan kuning seperti lampu. Ukuran tengah pohon yang tumbuh dari kelopak bunga menghasilkan buah yang hampir berbentuk kotak.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram