Tapike.com

Bisakah Kita Memodifikasi Iklan Responsive Google Adsense

Bisakah Kita Memodifikasi Iklan Responsive Google Adsense
Bisakah Kita Memodifikasi Iklan Responsive Google Adsense - Untuk menunjang pendapatan publisher Adsense, google kini telah menerbitkan unit iklan terbaru, yaitu unit iklan responsive. Seiring maraknya penggunaan template responsive pada blog maupun website, unit iklan responsive menjadi pilihan utama untuk mendapatkan penghasilan lebih. Ya, Tampilan unit iklan statis memiliki ukuran lebih besar dari ukuran layar smarthphone, karena ukuran iklan ini hanya diperuntukan bagi pengguna dekstop. Unit iklan responsive ini pun bekerja dengan otomatis mengikuti lebar dari layar smartphone yang memiliki berbagai macam ukuran. Namun terkadang tampilan iklan responsive tidak seperti yang kita inginkan sehingga malah membuat penghasilan menurun. Khususnya bagi publisher memasang iklannya di tengah postingan, pasti mengharapkan tampilan iklan dengan ukuran 336x280 atau 300x250 pada blog/web versi dekstop karena ukuran iklan ini dianggap lebih menguntungkan. Tapi ukuran iklan yang muncul malahan iklan dengan ukuran 468x60 atau semacamnya. Nah untuk mengakali hal tersebut ternyata Google Adsense memperbolehkan kita untuk memodifikasi unit iklan mereka. Tapi hanya unit iklan responsive saja. Modifikasinya pun tidak berlebih karena hanya memodifikasi CSS-nya saja.

Cara Memodifikasi Iklan Responsive Google Adsense

Memodifikasi iklan hanya dilakukan bagi anda yang membutuhhkan. Jika anda merasa tidak perlu untuk mengubah atau memodifikasi iklan atau sama sekali tidak mengerti mengenai CSS, Maka jangan ubah-ubah iklan Adsense. Karena jika error kemungkinan akun adsense anda akan di banned. Saya tidak menakut-nakuti anda. Karena saya juga memodifikasi iklan saya dan Alhamdulillah berhasil. Jadi tutorial ini hanya diperuntukan bagi yang membutuhkan.

Modifikasi Iklan Responsive Bentuk Horizontal

Secara default, kode iklan responsif Google Adsense menyertakan tag data-ad-format="auto" yang membuat tampilan berukuran otomatis untuk tampilan mobile. Namun, Anda dapat mengubah bentuk umum unit iklan responsif dengan mengubah auto menjadi salah satu kode seperti rectangle, vertical, atau horizontal. Anda juga bisa mengkombinasikan kode tersebut yang dipisahkan oleh tanda koma, misalnya "rectangle, horizontal".
<ins class="adsbygoogle"
    style="display:block;"
    data-ad-client="ca-pub-1234"
    data-ad-slot="5678"
    data-ad-format="horizontal"></ins>

Modifikasi Iklan Responsive Sesuai Keinginan

Cara modifikasi ini dilakukan menambahkan CSS pada kode iklan responsive google adsense. Ikuti Langkah-langkah berikut bagi pengguna blogger :
  • Login ke blogger
  • Masuk ke menu template dan pilih edit template
  • Cari kode ]]></b:skin>
  • pastekan kode di bawah ini di atas kode ]]></b:skin>
.adkonten {width:336px;height:280px;margin:0 auto;}
@media screen and (max-width: 970px){.adkonten { width:336px;height:280px;}}
@media screen and (max-width: 768px){.adkonten { width:336px;height:280px; }}
@media screen and (max-width: 689px){.adkonten { width:336px;height:280px; }}
@media screen and (max-width: 629px){.adkonten { width:336px;height:280px; }}
@media screen and (max-width: 480px){.adkonten { width:468px;height:60px; }}
@media screen and (max-width: 337px){.adkonten { width: 320px; height: 50px; }}
@media screen and (max-width: 240px){.adkonten { width: 234px; height: 60px; }}
  • pada iklan yang ingin dimodifikasi, tambahkan adkonten di samping adsbygoogle
Contoh :
<ins class="adsbygoogle adkonten"
    style="display:inline-block;"
    data-ad-client="ca-pub-1234"
    data-ad-slot="5678"></ins>
Silahkan ada ubah lebar dan tinggi iklan sesuai dengan keinginan anda.

Cara Menyembunyikan Unit Iklan Responsive

Pada perangkat mobile dengan ukuran yang lebih kecil, munculnya iklan tentu akan membuat loading blog semakin lambat. Nah untuk mengakalinya, iklan responsive dapat disembunyikan. Caranya masih sama seperti cara diatas dan hanya perlu menambahkan kode display:none
Contoh :
@media (max-width: 400px) { .adkonten { display: none; } }
Sebenarnya Google Adsense melarang memodifikasi iklan dengan memnyembunyikan iklan. Tapi khusus untuk unit iklan responsive, mereka memperbolehkannya.
Iklan Responsive
Demikianlah postingan saya mengenai modifikasi iklan responsive Google Adsense. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
3 Comments Blogger
Disqus
  1. Info baru nih gan, tapi sepertinya saat ini belum perlu mas, mungkin suatu saat tips ini dibutuhkan.

    BalasHapus
  2. Pengen nyobain si...
    gan kalau iklan adsense cuman terlihat setengah di perangkat mobile gimana ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setengah gimana maksudnya gan ?. Hati-hati gan, jangan sembarangan meletakkan iklan adsense, apabila iklan hanya terlihat setengah dari ukuran aslinya, kemungkinan besar akun adsense agan akan terkena banned. Maksudnya seperti ini, ukuran iklan adsense 300x250, tetapi yang telihat hanya 300X180 atau sebaliknya karena tertutup oleh konten atau pun tertutup oleh widget lainnya, kemungkinan besar akun adsense akan di banned karena dinilai curang oleh admin adsense. Kecuali ukuran iklan memang responsive. Jadi sebaiknya anda menggunakan bentuk iklan responsive pada perangkat mobile. Tentu iklan tersebut secara otomatis akan mengikuti space iklan yang ada di blog anda.

      Hapus


Join This SiteInstagram