Tapike.com

10 Hiu Paling Unik Di Dunia

10 Hiu Paling Unik Di Dunia - Ketika seseorang menyebutkan kata "Hiu", pasti dalam benak kita adalah ikan yang besar, abu-abu dan mengerikan, yang mana pada dasarnya kita tengah membayangkan Hiu putih. Padahal faktanya ada banyak jenis, bentuk, ukuran bahkan warna yang berbeda-beda dari ikan hiu. Di bawah ini telah kami rangkum hiu-hiu yang memiliki bentuk paling unik dan aneh di dunia. Penasaran, berikut 10 hiu paling unik di dunia.

Hiu Malaikat (Squatina squatina)

10 Hiu Paling Unik Di Dunia
Hiu paling unik pertama adalah Hiu Malaikat (Angel Shark). Hiu malaikat jika dilihat lebih mirip seperti ikan pari ketimbang spesies mereka sendiri. Itu di karenakan tubuh mereka yang pipih dan melebar kesamping dan memiliki sirip dada yang besar. Dengan bentuk yang pipih, membuat hiu ini bisa bersembunyi di bawah pasir atau lumpur untuk menunggu mangsa mereka mendekat. Pada saat yang tepat hiu ini akan menerkam mangsanya dengan cepat. Panjang tubuh ikan hiu ini bisa tumbuh hingga 2,4 meter dan sayangnya ikan hiu malaikat berada di ambang kepunahan.

Hiu Tanduk (Heterodontus francisci)

10 Hiu Paling Unik Di Dunia
Hiu paling unik selanjutnya adalah Hiu Tanduk. Ikan Hiu Tanduk bisa tumbuh hingga mencapai 1,2 meter. Uniknya ikan ini memiliki 2 duri di punggungnya yang mirip tanduk. Karena berada di kelas mangsa, Hiu tanduk menggunakan tanduknya sebagai tameng dari predator yang ingin memangsanya.

Hiu Martil (Sphyrna mokarran)

10 Hiu Paling Unik Di Dunia
Hiu paling unik selanjutnya adalah Hiu Martil. Panjang tubuh hiu martil bisa mencapai 6,1 meter. Hiu ini disebut hiu martil karena kepalanya yang mirip dengan martil. Dengan mata yang terletak pada ke dua sisi "martil" tersebut, penglihatan mereka jauh lebih lebar dari pada hiu lainnya.

Hiu Basking (Cetorhinus maximus)

10 Hiu Paling Unik Di Dunia
Hiu paling unik selanjutnya adalah Hiu basking. Hiu ini merupakan salah satu hiu terbesar di dunia karena panjang mereka bisa mencapai 11 meter. Uniknya adalah ketika hiu lainnya mencari makan dengan menerkam mangsanya, hiu basking mencari makan hanya dengan membuka mulut mereka untuk menyaring plankton di air. Hiu basking juga berada di ambang kepunahan.

Hiu Gergaji (Pristiophoriformes)

10 Hiu Paling Unik Di Dunia
Hiu paling unik selanjutnya adalah Hiu Gergaji. Keunikan hiu ini adalah moncongnya yang panjang dan memiliki gigi yang mengarah keluar menyerupai mata gergaji. Hiu ini menggunakan moncongnya untuk memotong dan melibas mangsanya. Panjang tubuh hiu gergaji bisa mencapai 1,5 meter.

Hiu Thresher (Alopias vulpinus)

10 Hiu Paling Unik Di Dunia
Hiu paling unik selanjutnya adalah Hiu Tresher. Hiu ini beukuran sekitar 6 meter lebih. Uniknya adalah setengah dari panjang tubuh hiu ini adalah ekornya. Karena ekornya yang panjang, hiu ini menggunakan ekornya untuk mencari mangsa. Hiu ini dapat mencambuk hingga membunuh mangsanya hanya dengan ekornya saja.

Hiu Carpet (Orectolobidae)

10 Hiu Paling Unik Di Dunia
Hiu paling unik selanjutnya adalah Hiu Carpet. Hiu carpet memiliki keunikan pada warna tubuhnya. Sekilas hiu ini mirip rumput yang ditutupi oleh bebatuan jika ia sedang diam menunggu mangsa. Hiu ini menggunakan keunikan bentuk tumbuhnya sebagai alat kamuflase untuk mencari makan. Hiu carpet memiliki ingsang khusus yang membuat mereka bisa bernafas dalam keadaann diam, sedangkan hiu lain harus bergerak untuk bernafas. Panjang tubuh hiu Carpet bisa mencapai 2,4 meter.

Hiu Perawat (Ginglymostoma cirratum)

Hiu paling unik selanjutnya adalah hiu nurse atau hiu perawat. Hiu perawat adalah ikan noctural atau ikan yang hanya aktif pada malam hari. Ikan ini mencari makan ketika mangsa mereka sedang tertidur atau beristirahat. Hiu ini juga memiliki sungut yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan mangsanya. Ukuran tubuh hiu ini bisa mencapai 3 meter.

Hiu Goblin (Mitsukurina owstoni)

10 Hiu Paling Unik Di Dunia
Hiu paling unik selanjuntnya adalah Hiu Goblin. Sekilas hiu ini tampak seperti hiu-hiu lainnya. Tapi faktanya hiu ini memiliki rahang yang dapat memanjang yang digunakan untuk menerkam mangsanya. Panjang tubuh hiu ini bisa mencapai 3,8 meter.

Hiu Frilled (Chlamydoselachus anguineus)

Hiu paling unik terakhir adalah Hiu Frilled. Tubuh hiu ini mirip seperti ular dan memiliki fitur seperti kadal. Dengan insang berada di bawah leher, hiu ini seperti tampak menggunakan embel-embel. Uniknya hiu ini memiliki lebih dari 300 gigi yang memiliki 3 cabang. Tidak terbayangkan bagaimana rasanya di gigit ikan hiu ini.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram