Tapike.com

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos - Laos merupakan negara yang terkenal dengan warisan budayanya berupa candi-candi yang berjumlah ratusan serta megah. Tak heran candi-candi ini sudah menjadi tempat wisata, baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak hanya candi, gunung-gunung di laos memiliki nilai keindahan tersendiri sehingga menjadi tempat wisata yang sering di kunjungi oleh wisatawan. Negara ini juga di lintasi oleh sungai mekong, dan telah dijadikan tempat wisata oleh pemerintah setempat. Bagi anda yang ingin berwisata ke Laos, berikut 10 tempat wisata terbaik di Laos. Baca juga 10 tempat wisata terbaik di Singapura.

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos

Tempat Wisata Pha That Luang

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos
Tempat wisata terbaik pertama di laos adalah Pha That Luang. Pha That Luang adalah sebuah candi Buddha besar yang dilapisi emas. Candi ini terletak di pusat kota Vientiane, Laos. Sejak awal pembentukannya yang diyakini pada masa abad ketiga, candi ini mengalami beberapa renovasi sampai tahun 1930 karena invasi-invasi dari penjajah. Pada umumnya tempat wisata Pha That Luang dianggap sebagai monumen nasional yang terpenting dan sebagai simbol nasional. Menurut suku bangsa Lao Pha That Luang pada awalnya candi ini dibangun sebagai candi Hindu pada abad ketiga. Arsitektur candi mencakup banyak referensi budaya dan telah menjadi simbol nasionalisme Laos. Pha That Luang terdiri dari tiga tingkat yang masing-masing menyampaikan refleksi dari bagian doktrin Buddha.

Tempat Wisata Buddha Park

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos
Tempat wisata terbaik di Laos selanjutnya adalah Buddha Park. Buddha Park juga dikenal sebagai Xieng Khuan adalah taman patung yang terletak 25 km sebelah tenggara dari kota Vientiane, Laos. Meskipun tidak ada Candi (Wat), taman ini biasa disebut sebagai Wat Xieng Khuan, karena mengandung banyak unsur agama yang berbeda-beda. Buddha Park memiliki lebih dari 200 patung Hindu dan Budha sehingga pemerintah setempat membuat taman ini sebagai tempat wisata. Patung-patung ini akan terlihat seperti patung-patung dari abad 17-18an, padahal sebenarnya tidak. Diperkirakan Buddha Park serta patung-patung di dalamnya di buat pada tahun 1958 oleh Luang Pu Bunleua ​​Sulilat.

Tempat Wisata Wat Si Saket

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos
Tempat wisata terbaik di Laos selanjutnya adalah Wat Si Saket. Wat Si Saket adalah sebuah candi Buddha yang terletak di kota Vientiane, Laos. Wat Si Saket dibangun pada tahun 1818 atas perintah Raja Anouvong (Sethathirath V.) dengan berasitektur buddha dan bergaya siamese. Wat Si Saket memiliki dinding dengan lebih dari 2.000 keramik dan perak bergambar Buddha. Candi ini juga memiliki sebuah museum di dalamnya.

Tempat Wisata Wat Xieng Thong

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos
Tempat wisata terbaik di Laos selanjutnya adalah Wat Xieng Thong. Wat Xieng Thong adalah candi Buddha yang terletak di ujung utara semenanjung Luang Phrabang, Laos. Wat Xieng Thong adalah salah satu yang paling penting dari biara Lao dan menjadi monumen yang signifikan terhadap semangat agama dan seni tradisional. Wat Xieng Thong dibangun pada tahun 1559 oleh Raja Setthathirath di dekat bertemunya sungai Mekong dan sungai Nam Khan. Bangunan Wat Xieng Thong memiliki pintu dari kayu yang di ukir serta berlampis emas yang menggambarkan adegan dari kehidupan Buddha. Pada tahun 1950an hingga 1960an proyek perbaikan besar-besaran dilakukan demi memperbaiki candi-candi yang rusak akibat perang dan tak terurus.

Tempat Wisata Bolaven Plateau

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos
Tempat wisata terbaik di Laos selanjutnya adalah Bolaven Plateau. Bolaven Plateau merupakan daerah dataran tinggi yang terletak antara Pegunungan Annamite, perbatasan antara Laos dengan Vietnam. Ketinggian dataran tinggi ini berkisar 1.000 hingga 1.350 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi ini dilintasi oleh beberapa sungai dan memiliki banyak air terjun yang indah. Nama Bolaven berasal dari Laven yang merupakan kelompok etnis yang secara historis mendominasi wilayah tersebut. Baloven Plateau telah menjadi tempat wisata karena memiliki banyak air terjun yang tak terhitung jumlahnya. Air terjun Tad Lo merupakan air terjun paling populer di Bolaven Plateau. Tumbuhan yang tumbuh disekitarnya membuat air terjun Tad Lo menjadi populer meskipun air terjun ini hanya memiliki ketinggian beberapa meter. Selain itu ada air terjun Taat Fang (juga dikenal sebagai Dong Hua Sao) yang memiliki ketinggian 120 meter dan membuatnya menjadi air terjun tertingi di Laos.

Tempat Wisata Phu Chi Fa

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos
Tempat wisata terbaik Laos selanjutnya adalah Phu Chi Fa. Phu Chi Fa adalah gunung dan hutan taman nasional perbatasan antara Laos dan Thailand. Dengan pemandangan pegunungan sekitarnya, tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata terkenal di Laos dan juga Thailand. Wisatawan mengunjungi gunung terutama saat fajar untuk melihat lautan kabut yang menutupi gunung-gunug disekitarnya. Dengan ketinggian berkisar antara 1200 hingga 1600 meter, suhu di tempat wisata Phu Chi Fa rata-rata sekitar 20 °C dan memiliki tiga musim panas, hujan, dan dingin yang dipengaruhi oleh angin muson tropis.

Tempat Wisata Vat Phou

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos
Tempat wisata terbaik Laos selanjutnya adalah Vat Phou. Vat Phou atau Wat Phou adalah kompleks candi Khmer Hindu yang sudah. Tempat wisata ini terletak di gunung Phu Kao, 6 km dari Sungai Mekong di provinsi Champasak. Awalnya disini terdapat candi berasal dari abad ke-5, tetapi sekarang hanya ada struktur candi dari abad 11 hingga abad ke 13. Candi ini memiliki struktur yang unik dan menjadi pusat ibadah Buddhis Theravada sampai hari ini. Vat Phou sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2001 dan telah menjadi daya tarik wisata Laos.

Tempat Wisata Phou Si

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos
Tempat wisata terbaik Laos selanjutnya adalah Bukit Phou Si. Phou Si adalah bukit yang memiliki tinggi sekitar 100 meter dan terletak di kota tua Luang Prabang, Laos. Bukit Phou Si diapit oleh dua sungai yaitu Sungai Mekong dan Sungai Khan Nam. Bukit ini adalah rumah agama bagi masyarakat setempat dan memiliki beberapa candi Buddha. Sekitar setengah perjalanan naik ke atas bukit, jika menghadap ke sungai Nam Khan terdapat Wat Tham Phou Si. Di puncak bukit, menghadap kota dan pedesaan sekitarnya, terdapat Wat Chom Si, yang juga merupakan candi Budha dan daya tarik wisata dari kota Luang Prabang.

Tempat Wisata Patuxai

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos
Tempat wisata terbaik Laos selanjutnya adalah Patuxai. Patuxai secara harfiah berarti Victory Gate atau Gerbang Triumph. Sebelumnya patuxai dikenal dengan nama Monumen Anosavari Monument. Tapi orang Perancis menamainya sebagai Monumen Aux Morts. Patuxai adalah sebuah monumen perang yang terletak di kota Vientiane, Laos. Patuxai dibangun antara tahun 1957 hingga tahun 1968. The Patuxai didedikasikan untuk orang-orang yang berjuang dalam memperebutkan kemerdekaan dari Perancis. Monumen ini juga disebut Patuxai Arch atau Arc de Triomphe dari Vientiane karena menyerupai Arc de Triomphe di Paris. Sistem air mancur musikal dipasang di taman yang disumbangkan oleh Cina. Ini adalah fitur populer bagi wisatawan dan masyarakat setempat yang mengunjungi monumen di sore hari.

Tempat Wisata Museum Lao

10 Tempat Wisata Terbaik Di Laos
Tempat wisata terbaik Laos selanjutnya adalah Museum Lao. Museum Lao terletak di kota Vientiane, Laos. Didirikan sebagai museum nasional yang menyoroti sejarah revolusi pada tahun 1970-an. Museum ini memakai bangunan bekas bangunan kolonial Perancis. Pada tahun 2007, Amerika Serikat menyumbangkan dana untuk membantu mengembangkan museum. Awalnya bangunan ini dibangun pada tahun 1925 sebagai tempat tinggal gubernur Perancis. Sekarang digunakan sebagai museum yang menyajikan sejarah dari negara Laos, menyoroti perjuangan rakyat Laos untuk membebaskan diri dari penjajah.
1 Comments Blogger
Disqus
  1. Wisata di indonesia sudah bagus2 gan, untuk apa berwisata keluar negri, cintailah bangsamu.
    http://www.idastronomi.co.vu

    BalasHapus


Join This SiteInstagram