Tapike.com

Jubah Ajaib Harry Potter Akhirnya Menjadi Nyata

- Pernahkah anda menonoton film Harry Potter ?. Ya, film yang terkenal dengan sekolah sihirnya ini sering memperlihatkan trik-trik sihir yang ajaib. Trik yang paling klasik adalah dimana Harry Potter menghilang dengan memakai jubah ajaibnya. Sekilas tidak ada yang aneh jika hal itu terjadi di dunia film. Tapi bagaimana jika jubah ajaib itu benar-benar ada dan menjadi nyata.
Jubah Ajaib Harry Potter Akhirnya Menjadi Nyata
Sekelompok peneliti dari Jerman tengah mengembangkan jubah tembus pandang portabel yang secara efektif dapat menghilangkan sebuah benda kecil. Menurut peneliti dari Karlsruhe Institute of Technology, jubah ini belum mampu membuat manusia menghilang, tapi bisa membuat benda kecil menghilang dari pandangan mata. Harapannya untuk mengalihkan di sekitar objek dan membuat sebuah benda tak terlihat, kita harus mencari cara bagaiamana mengkompensasikan peningkatan jarak dari cahaya yang berpindah. Ibaratnya adalah ketika Anda berpergian dengan sebuah mobil ke suatu tempat dan tiba-tiba harus merubah rute perjalanan Anda. Pasti untuk mencapai tempat tersebut, Anda harus menambah kecepatan dari mobil Anda. Akan terlihat sama bila jarak yang jauh ditempuh dengan kecepatan tinggi dengan jarak yang dekat ditempuh dengan kecepatan yang lambat.

Sayangnya cahaya sedikit berbeda, karena relativitas mencegah perpindahan suatu massa lebih cepat dari pada kecepatan cahaya di ruang hampa. Tidak cara untuk mempercepat cahaya di dalam ruang hampa maupun di udara. Untuk mengatasi masalah ini, para peneliti tersebut membuat jubah ajaib ini dari bahan yang ringan serta dapat menghamburkan cahaya. Dengan material yang dapat menghamburan cahaya, jubah ini dapat memperlambat kecepatan propagasi efektif dari gelombang cahaya melalui sebuah medium.
Kemudian cahaya dapat dipercepat lagi untuk membuat jarak perpindahannya lebih panjang di sekitar objek yang tersembunyi. Di dalam jubah ini, obyek yang akan disembunyikan ditempatkan di dalam sebuah silinder logam berongga dilapisi dengan cat akrilik, yang dapat memantulkan cahaya. Ada sebuah tabung tertanam di dalam blok polydimethylsiloxane, polimer organik yang biasa digunakan dan diolah dengan nanopartikel titanium dioksida yang dapat menghamburkan cahaya.

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Robert Schittny menuturkan, "Jubah ajaib ini mengambil momentum dari kecepatan propagasi efektif yang lebih rendah di media penghambur cahaya". Jika waktu rata-rata yang dibutuhkan cahaya untuk berpindah melalui blok polydimethylsiloxane sama dengan waktu rata-rata cahaya berpindah melalui jubah, maka benda yang berada di dalam jubah menjadi tidak akan terlihat.

Layaknya jubah pada umumnya, jubah ajaib ini dapat disentuh dan dilihat dengan mata telanjang. "Ini adalah jubah makroskopik yang dapat Anda lihat dengan mata telanjang dan sentuh dengan tangan Anda. Tidak perlu peralatan laboratorium yang mewah, tidak perlu mikroskop dan tidak perlu pos pengolahan data pengukuran karena semua orang dapat melihatnya." lanjut Schittny.
1 Comments Blogger
Disqus
  1. Great article gan, semoga jubahnya harry potter benar-benar menjadi nyata. asal jangan disalahgunakan

    BalasHapus


Join This SiteInstagram