Tapike.com

10 Jalan Paling Unik Di Dunia

10 Jalan Paling Unik Di Dunia - Jalan merupakan prasarana tranpostasi bagi kendaraan darat seperti mobil, motor dan kendaraan lainnya. Jalan juga dibuat untuk mempermudah manusia berpindah dari suatu tempat ke tempat lain tanpa ada hambatan dari bangunan apapun. Namun bagaimana bila ada jalan unik yang memiliki tingkat kecuraman yg tinggi ataupu jalan yg berkelok-kelok. Di bawah ini ada 10 jalan paling unik di dunia.

Baldwin Street

10 Jalan Paling Unik Di Dunia
Jalan paling unik dan paling curam di dunia terletak di Dunedin, Selandia Baru. Jalan ini memiliki kemiringan rata-rata lebih dari 1 banding 5, yg berarti bahwa untuk setiap 5 meter kita berjalan secara horisontal, sama dengan berjalan 1 meter secara vertikal. Kecuraman maksimum Baldwin street adalah 19°. Berjalan naik dan turun jalan adalah atraksi terbaik bagi wisatawan yg berkunjung ke jalan unik Dunedin.

Lombard Street

10 Jalan Paling Unik Di Dunia
Lombard Street atau Jalan Lombard terletak di San Francisco, Amerika Serikat. Jalan unik ini terkenal karena memiliki jalan menurun dengan delapan tikungan tajam. Lombard Street juga dianggap sebagai jalan paling bengkok di dunia. Berjalan atau mengemudi di Lombard Street merupakan salah satu atraksi wisata San Francisco.

9 de Julio Avenue

10 Jalan Paling Unik Di Dunia
Jalan paling unik selanjutnya adalah 9 de Julio Avenue. 9 de Julio Avenue terletak di Buenos Aires, Argentina dan memiliki panjang sekitar 1 km. Dinamakan demikian karena untuk menghormati Hari Kemerdekaan Argentina pada tanggal 9 Juli 1816. Jalan unik Ini memiliki hingga tujuh jalur pada setiap arah dan diapit oleh jalan-jalan paralel dari dua jalur masing-masing. Plaza de la República dengan Obelisk de Buenos Aires, monumen paling terkenal di Buenos Aires berdiri di tengah-tengah jalan ini.

Spreuerhofstraße Street

10 Jalan Paling Unik Di Dunia
Jalan paling unik dan paling sempit di dunia adalah jalan Spreuerhofstraße. Spreuerhofstraße street berlokasi di Reutlingen, Jerman. Jalan unik ini dibangun pada tahun 1727 dan menjadi jalan tersempit di dunia karena memiliki lebar hanya 31 cm pada titik tersempit dan 50 cm pada titik terlebar. Jalan unik ini pun secara resmi terdaftar sebagai jalan perkotaan dengan nomor 77.

Pan American Highway 

10 Jalan Paling Unik Di Dunia
Yonge Street menghubungkan antara tepi Danau Ontario, Toronto ke Danau Simcoe. Jalan Yonge sebelumnya pernah terdaftar dalam Guinness Book of Records sebagai jalan terpanjang di dunia dengan panjang 1.896 km. Tapi sekarang record tersebut telah diambul alih oleh  Pan-American Highway sebagai jalan terpanjang di dunia dengan panjang 48.000 km dari Prudhoe Bay, Alaska hingga Ushuaia, Argentina.


Lærdal Tunnel 

10 Jalan Paling Unik Di Dunia
Lærdal Tunnel terletak di Norwegi. Lærdal Tunnel merupakan sebuah jalan terowongan dengan panjan sekitaar 24,5 km yang menghubungkan antara Lærdal dan Aurland di Norwegia. Lærdal Tunnel memiliki dua jalur dan merupakan bagian dari jalan raya yang menghubungkan antara Oslo dan Bergen. Lærdal Tunnel memudahkan penjalana lintas antar kota dengan menembus gunung tanpa harus menaiki feri penyeberangan.

The North Yungas Road 

10 Jalan Paling Unik Di Dunia
Jalan paling unik dan paling mematikan di dunia adalah jalan The North Yungas. Jalan The North Yungas terletak di Bolivia yg menghubungkan antara La Paz ke Coroico. The North Yungas juga dikenal dengan jalan kematian. Di anggap demikian karena jalan ini dapat mengakibatkan kematian akibat terjatuh ke jurang yang cukup dalam. Dan bukan tanpa alasan, dalam setahun jalan ini dapat menyebabkan kecelakaan 200 hingga 300 orang.

McMurdo South Pole Highway

10 Jalan Paling Unik Di Dunia
McMurdo Sount Pole Hingway terletak di Antartica. Jalan unik ini dianggap sebagai jalan paling beku di dunia. McMurdo South Pole Hihgway juga disebut sebagai South Pole Traverse dan memiliki panjang sekitar 1.601 km. Jalan salju ini menghubungkan antara McMurdo Station ke Amundsen Scott South Pole Station. McMurdo South Pole sebenarnya tidak diaspal tetapi hanya ditandai dengan bendera.

The Eyre Highway

10 Jalan Paling Unik Di Dunia
The Eyre Highway terletak di Australia. The Eyre Highway memiliki panjang sekitar 1.664 km yg menghubungkan antara Australia bagian Barat dengan Australia bagian Selatan melalui Nullarbor Plain. Dengan hanya beberapa kota di sepanjang jalan dan sangat sedikit perubahan dalam pemandangan, The Eyre Highway menjadi jalan yang paling monoton dan membosankan di dunia.

Millau Viaduct Bridge

10 Jalan Paling Unik Di Dunia
Jalan paling unik terakhir adalah jalan Millau Viaduct Bridge. Jalan tertinggi di dunia ini berada di atas jembatan tertinggi dunia yg terletak di Perancis, jembatan Millau Viaduct. Tinggi jalan dan jembatan ini adalah sekitar 343 meter di atas tanah.
2 Comments Blogger
Disqus
  1. Kalo di Indonesia ada jln apa gan? Ko engga ke absen? Hhheee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di indonesia yg paling terkenal jalan tol cipali :D

      Hapus


Join This SiteInstagram