Tapike.com

10 Danau Paling Unik Di Dunia

10 Danau Paling Unik Di Dunia - Danau adalah sebuah genangan air yg besar dan memiliki kedalaman yg cukup untuk kehidupan hewan air. Kebanyakan danau hampir sama persis di seluruh dunia, namun berbeda dengan danau paling unik dibawah ini. Danau unik ini memiliki warna, bentuk dan keadaan yg unik sehingga masuk kedalam daftar danau terunik. Penasaran, berikut 10 danau paling unik di dunia.

10 Danau Paling Unik Di Dunia

Danau Hillier, Australia

10 Danau Paling Unik Di Dunia
Danau paling unik pertama adalah danau Hilier. Danau Hillier atau sering disebut Pink Lake (danau merah muda) adalah sebuah danau air garam yg terletak di pinggiran laut Goldfields-Esperance, Australia. Danau Hillier dengan panjang 600 meter dan lebar 250 meter memiliki keunikan karena airnya yg berwarna merah muda. Banyak pendapat mengatakan warna merah muda pada air danau tsb disebabkan oleh alga atau konsentrasi air asin yg sangat tinggi. Namun airnya tidak selalu berwarna merah muda, tergantung suhu, salinitas dan kondisi cahaya.

Danau Ubur-ubur, Palau

10 Danau Paling Unik Di Dunia
Danau paling unik selanjutnya adalah danau ubur-ubur. Danau ubur-ubur atau Jellyfish Lake adalah danau air asin yg terletak di pulau Eil Malk. Danau unik ini menjadi tempat migrasi dari ubur-ubut emas setiap harinya sehingga membuat danau terunik ini dipenuhi dengan ubur-ubur. Danau dengan panjang sekitar 460 meter, lebar 160 meter dan kedalaman kurang lebih 30 meter ini menjadi daya tarik wisatawan untuk menyelam atau snorkling di antara ubur-ubur. 

Danau Frying Pan, Selandia Baru

10 Danau Paling Unik Di Dunia
Danau paling unik selanjutnya adalah danau Frying Pan. Danau Frying Pan atau juga dinamai dengan Waimangu Cauldron adalah danau air panas terbesar di dunia. Suhu rata-rata air danau yg terletak di kawah dari Waimangu Volcanic Rift Valley, Selandia Baru ini mencapai 50-60 °C. Lebar maksimal danau sekitar 200 metar dan kedalaman sekitar 20 meter. Sifat siklik yg unik dari danau paling unik ini telah membuat danau Frying Pan menjadi subyek penelitian.

Laut Mati, Jordania & Israel

10 Danau Paling Unik Di Dunia
Danau paling unik selanjutnya adalah danau Laut Mati. Laut Mati adalah danau air asin yg terletak di negara Jordania dan Israel. Danau unik ini berada 400 meter dibawah permukaan laut dan merupakan titik terendah di bumi. Dinamakan laut mati karena tidak ada kehidupan di dalamnya karena memiliki kadar garam yg tinggi dibandingkan dengan laut lainnya diseluruh dunia yaitu sekitar 32%. Air danau ini dipercayai bisa menyembuhkan penyakit kulit karena banyak terkandung mineral.

Danau Don Juan, Antartika

10 Danau Paling Unik Di Dunia
Danau paling unik selanjutnya adalah danau Don Juan. Danau Don Juan adalah danau hypersaline yg terletak di Victoria Land, Antarctika. Danau Don Juan juga merupakan danau terasin di dunia dengan tingkat salinitas sekitar 40%. Danau terunik ini ditemukan pada tahun 1961 oleh Don Roe dan John Hickey. Danau Don Juan adalah satu-satunya danau yg hampir tidak pernah membeku di Antartika karena pengaruh salinitasnya.


Danau Crater, Amerika Serikat

10 Danau Paling Unik Di Dunia
Danau paling unik selanjutnya adalah danau Crater. Danau crater adalah danau kaldera yg terletak di Oregon, Amerika Serikat. Danau unik ini memiliki panjang sekit 9,7 kilometer dan lebar sekitar 8 kilometer. Dengan kedalaman sekitar 594 meter, danau crater menjadi danau paling dalam di amerika serikat dan danau ke 9 terdalam di dunia serta dikenal sebagai danau terindah di dunia karena airnya yg jernih.

Danau Nyos, Kamerun

10 Danau Paling Unik Di Dunia
Danau paling unik selanjutnya adalah danau Nyos. Danau Nyos adalah danau kaldera yg terletak di Yaoundé, Kamerun. Danau Nyos adalah salah satu dari tiga danau yg meledak dan mengadung karbon dioksida jenuh. Pada tanggal 21 Agustus 1986, danau Nyos pernah memancarkan karbon dioksida dalam skala besar sehingga membuat kekurangan oksigen 1.700 orang dan 3.500 hewan ternak di kota-kota dan desa-desa di dekatnya.

Danau Spotted, Kanada

10 Danau Paling Unik Di Dunia
Danau paling unik selanjutnya adalah danau Spotted. Danau Spotted adalah danau saline yg terletak di British Columbia, Kanada. Awalnya danau unik ini lebih dikenal dengan nama Danau Kliluk. Mineralnya pun pernah digunakan sebagai bahan pembuatan amunisi pada Perang Dunia I. Disaat musim kemarau ketika air danau mulai menguap, mineral yg terkandung akan tinggal dan membentuk polkadot atau spotted. Dari sinilah asal mula nama danau spotted.

Danau Nakuru, Kenya

10 Danau Paling Unik Di Dunia
Danau paling unik selanjutnya adalah danau Nakuru. Danau Nakuru termasuk kedalam Taman Nasional Danau Nakuru yg didirikan pada tahun 1961 dan teletak di dekat Nairobi, Kenya. Kelimpahan akan jumlah gangang menarik perhatian flaminggo mencari makan dipinggiran danau. Danau terunik ini banyak dikunjungi wisatawan untuk melihat keindahan burung flaminggo, warthogs, babun, serta badak.


Laut Kaspia

10 Danau Paling Unik Di Dunia
Danau paling unik terakhir adalah Laut Kaspia. Laut Kaspia adalah sebuah danau air asing yg terletak di perbatasan asia dan eropa meliputi Azerbaijan, Kazakhstan, Iran, Turkmenistan dan Rusia. Laut Kaspia memiliki karakteristik seperti laut dan danau. Dengan luas permukaan sekitar 371.000 km², laut Kaspia digolongkan sebagai dana terbesar di dunia, meskipun laut Kaspia mengandung air asin.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram