Tapike.com

10 Teknik SEO Hindari Penurunan Ranking Google

10 Teknik SEO Hindari Penurunan Ranking Google
10 Teknik SEO Hindari Penurunan Ranking Google - Mengetahui teknik seo terbaru sangatlah penting untuk menjaga blog tetap kompetitif saat pergantian tahun. Fakta Perlu diketahui adalah seo sedang mengalami perubahan secara cepat. Dalam empat tahun terakhir saja, strategi untuk menentukan ranking pada hasil pencarian telah berevolusi secara drastis. Mungkin banyak diantara kita  sudah tahu bahwa update Google Pinguin akan berlaku penuh pada akhir tahun 2015. Dengan update ini, banyak perubahan yg diperkirakan dalam dunia seo. Tentu saja kita harus mempersiapkan diri untuk menghindari banyaknya perubahan seo yg bisa membuat kita kesulitan dan mengalami penurunan ranking di hasil pencarian google. Berikut ini adalah 10 teknik SEO Hindari Penurunan Ranking Google.

1. Teknik SEO Membangun Backlink

Pada Februari 2015, John Mueller, Senior Webmaster Google, pernah mengatakan bahwa webmaster harus menghindari link building karena itu tidak wajar. Namun, Google baru-baru ini menjelaskan bahwa tidak ada masalah jika harus membeli, menjual, atau mendapatkan backlink berkualitas selama tidak melanggar Pedoman Webmaster Google. Oleh karena itu, akan lebih baik terlebih dahulu meninjau dari mana sumber backlink untuk memastikan bahwa tidak melanggar aturan. Jika tidak, penerapan teknik seo terbaru anda akan menjadi tidak berguna pada tahun 2016.

2. Anchor Teks SEO

Sejak update Pinguin pertama di tahun 2012, menjadi jauh lebih berisiko untuk menggunakan teks jangkar dalam optimasi mesin pencari. Menyalahgunakan (apakah disengaja atau sebaliknya) anchor text bisa blog dihukum google dan diangap melakukan over optimasi teknik seo terbaru 2016. Itulah mengapa kita hanya boleh memiliki lima sampai 10 tautan dari beberapa kata kunci. Sebuah studi kasus ditemukan pada Moz mengungkapkan bahwa Anda dapat memiliki ranking lebih baik jika hanya menggunakan beberapa anchor teks dari halaman web yg sangat relevan.

3. Teknik SEO Membuat Profil Link

Sebuah tautan profil dapat meningkatkan teknik seo terbaru 2016. Ini jauh lebih baik daripada menargetkan halaman secara spesifik untuk ranking di Google. Sebuah profile link yg baik adalah salah satu faktor ranking SEO paling penting. Saya menyarankan bahwa Anda mulai membangun profile link dengan melakukan evaluasi tautan melalui akun Google Webmaster Anda. Tautan Profil yg dimaksud bukan membuat halaman profil, melainkan sebuah tautan dari website lain dan bagaimana caranya mereka ditautkan membentuk sebuah profil dari blog atau website. Profil link sama seperti anchor teks dimana kita membuat backlink, tapi yg harus ditekankan adalah teks yg tertera didalam tautan tersebut. Teks inil akan membentuk sebuah profile link dari blog. Membuat profil link bisa lebih efisien dengan memasang recent post, memasang related post, atau membuat random post di blog.

4. Mobile Friendly

Template mobile friendly dari sebuah blog merupakan teknik seo paling penting di tahun 2016 karena merupakan faktor penentuan ranking Google. Dari sini bisa kita lihat bahwa blog dengan tampilan responsive atau mobile friendly akan lebih unggul. Faktor-faktor tertentu, seperti teks terlalu kecil, target ketuk (target sentuhan) berhimpitan atau lainnya dapat mengakibatkan blog dinilai non mobile friendly sehingga mengalami penurunan ranking google.


5. Teknik SEO Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Adalah sebuah tantangan besar membuat pengunjung terlibat dengan dengan blog atau situs web.  Hal ini pula dapat menimbulkan ancaman signifikan untuk keberhasilan teknik seo terbaru 2016. Keterlibatan pengunjung yg rendah adalah salah satu faktor mengapa rankgg mesin pencari google turun. Namun, Anda bisa meningkatkan keterlibatan pengunjung dengan mendapatkan wawasan tentang preferensi dan perilaku pengunjung yg ditargetkan. Cari tahu pilihan paling menarik bagi pengunjung, apakah itu dengan warna, font,  atau pilihan kata.


6. Teknik SEO Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Google kini telah mempertimbangkan pengalaman pengguna yg mengunjungi blog. User experience terkesan buruk dapat menurunkan rangking google. Mesin pencari akan terus menganalisis bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs pada teknik seo terbaru 2016. Jika pengguna dengan cepat pergi atau kembali ke halaman hasil pencarian untuk menjelajahi situs lain, maka itu adalah bendera merah bahwa blog tidak memenuhi permintaan pengguna. Jangan membuat konten asal-asalan sehingga pengunjung datang dan langsung pergi tanpa melihat artikel terkait. Penurunan rangking google juga disebabkan karena memasang link keluar terlalu banyak sehingga mengurangi waktu pengguna di blog. Buatlah blog semenarik mungkin secara visual, mudah dinavigasi, dan diperbarui secara konsisten dengan konten berkualitas tinggi.

7. Update Secara Berkala

Teknik seo ini yg mungkin tidak akan berubah pada tahun 2016. Artikel segar dan asli merupakan penentu blog di ranking google. Jika hanya memperbarui posting hanya satu atau dua posting sebulan, bersiap-siap untuk kehilangan pengunjung. Sudah waktunya mengajar pengunjung dari apa yang Anda mampu. Cobalah setidaknya menulis satu dua posting baru setiap minggu untuk menjaga blog tetap update. Ini bisa membantu menaikkan eksistensi blog dimata mesin pencari.

8. Konten Berkualitas Tinggi

Konten yang unik adalah cara paling bagus mengoptimalkan blog di mesin pencari. Tapi, tetap harus fokus membuat konten berkualitas, berguna serta bermanfaat bagi pengunjung. Menghindari konten berkualitas rendah akan memungkinkan kita mendapatkan pengalaman pengunjung yang lebih baik dan terhindar dari downranking google. Pikirkan tentang bagaimana reaksi pengguna jika mereka melihat konten yg memebuhi kebutuhan dan pertanyaan mereka.

9. Hindari Iklan Interstisial

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan segera mulai menghukum situs tampilan mobile yang menggunakan iklan interstitial. Iklan ini memblokir konten dan membuat pengunjung sering frustrasi, sehingga pengalaman pengguna berdampak negatif.  Dari 1 November 2015, iklan interstisial akan mengakibatkan situs mendapatkan downranked dari Google. Bukan berarti tidak boleh menggunakan iklan tsb, tapi jika digunakan bersiaplah kehilangan status sebagai situs mobile friendly. Jika masih menerapkan iklan interstitial di situs mobile, buatlah beberapa perubahan agar penerapan teknik seo terbaru 2016 belajar lancar.

10. Peninjauan Ulang

Bila melanggar Pedoman Webmaster Google, blog Anda secara otomatis atau manual dihukum. Setelah membuat perubahan yang diperlukan pada blog, Google memungkinkan kita untuk mengirim permintaan peninjauan kembali. Namun, ada juga beberapa blog menyalahgunakan permintaan peninjauan kembali tersebut dan mulai melanggar pedoman lagi setelah hukuman dicabut.

Dengan setiap update algoritma, Google semakin pintar di menangani semua trik beberapa webmaster untuk mendapatkan ranking yang lebih baik. Teknik tidak etis tidak akan lagi bekerja dengan update algoritma mendatang. Jika blog Anda mengalami penurunan ranking google, ubahlah teknik seo demi menghindari hukuman downranking pada update algoritma tahun 2016 ini.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram