Tapike.com

George Boole, Penemu Aljabar Boolean

George Boole, Penemu Aljabar Boolean
George Boole, Penemu Aljabar Boolean - Aljabar Boolean adalah sebuah ilmu matematika logika dan merupakan cabang dari Aljabar yg hanya mempunyai dua nilai, benar atau salah (true atau false). Kedua nilai ini sering dipakai dalam bahasa php dan javascript. Dalam bahasa pemograman nilai false bisa digantikan dengan 0 sedangkan nilai true adalah 1. George Boole, penemu Aljabar Boolean, memperkenalkan ilmu tersebut dengan menerbitkan sebuah buku The Mathematical Analysis Of Logic sekitar tahun 1947 dan buku An Investigation Of Thought di tahun 1854. Istilah Aljabar Boolean pertama kali diusulkan oleh Henry M. Sheffer pada tahun 1913. Berikut biografi George Boolean sang penemu Aljabar Boolean.

Biografi George Boole, Penemu Aljabar Boolean

George Boole lahir di sebuah kota bernama Lincolnshire, Inggris pada tanggal 2 November 1815. Boole meninggal pada tanggal 8 Desember 1864 di Kota County Cork, Irlandia. Ayahnya, John Boole merupakan seorang pedagang serta ahli matematika. Terlahir dari keluarga miskin, di usia ke 16 boole membantu mengajar anak-anak sekolah untuk menafkahi keluarganya.

George Boole kemudian berhasil mendirikan sekolah miliknya sendiri pada usia 19 tahun. Empat tahun berselang, George Boole mengambil alih Hall's Academy menyusul kematian Robert Hall. 1840, beliau pindah lagi ke sekolah miliknya. Dari 1838 sudah mulai banyak belajar aljabar dalam bentuk metode simbolik, karena ini yang dipahami saat itu kemudian mulai menerbitkan makalah penelitian.

Status George Boole sebagai ahli matematika mulai diakui sejak pengangkatannya sebagai profesor matematika pertama University College Cork tahun 1849. Kemudian beliau Dia bertemu dengan istrinya Mary Everest tahun 1850 ketika ia mengunjungi pamannya John Ryall yang merupakan seorang Profesor Yunani. Mereka memiliki seorang anak bernama Alicia Boole Stott yang juga seorang ahli matematika. George Boole meninggal akibat sakit demam parah yang dideritannya. Penemu matematika logika ini kemudian dimakamkan di pemakaman St Michael, Church Road, Irlandia.

Penghargaan George Boole

1855, George Boole dianugerahi penghargaan Keith Medal oleh Royal Society of Edinburgh dan terpilih sebagai Fellow of Royal Society (FRS) pada tahun 1857. Atas penemuan aljabar boolean, George Boole menerima gelar LL.D. dari University of Dublin dan Universitas Oxford.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram