Tapike.com

Inilah Penyebab Ditolak Google Adsense

 Ditolak Google Adsense
Inilah Penyebab Ditolak Google Adsense - Semakin hari, Adsense semakin memperketat syarat-syarat untuk menerima situs yg mendaftar program iklannya. Akhir-akhir ini sudah banyak blogger yg mengeluh mengenai hal ini, terutama blogger Indonesia. Karena ditolak google adsense terus menerus, sudah banyak yg beralih ke program iklan lain. Terkadang walaupun kita merasa blog sudah melampaui syarat yg ditentukan, namun masih saja ditolak adsense. Berikut penjelasan mengenai penyebab ditolak google adsense yg mungkin bisa menjadi pembelajaran.

Penyebab Internal Ditolak Google Adsense

Penyebab ditolak google adsense secara internal berasal dari situs maupun blog. Untuk bisa diterima google adsense, blog harus mengikuti cara main mereka yg tidak pernah dijelaskan dalam email penolakan. Tapi ada beberapa aspek penting yg harus ada di dalam sebuah blog agar langsung di approve oleh adsense.
  • Menu Navigasi
  • Dalam email penolakan google adsense, biasanya dituliskan, blog memiliki navigasi yg sulit. Artinya blog tidak memiliki menu-menu penting yg harus terdapat dalam sebuah situs proesional seperti menu tentang, kontak, sitemap, kebijakan privasi. Sekarang yg harus anda lakukan adalah membuat keempat menu tersebut.
  • Umur Blog
  • Memang tidak pernah disebutkan berapa minimal umur blog yg bisa didaftarkan. Tapi dalam analisis saya, umur blog minimal harus 3 bulan (khusus Cina dan India minimal 6 bulan). Syarat ini saya temukan didalam menu penghasilan blogger. Tombol daftar adsense akan muncul setelah blog berumur minimal 3 bulan. Tapi mungkin masih ada syarat lainnya.
  • Konten Orisinil
  • Inilah penyakit orang Indonesia yg mungkin susah dibuang jauh-jauh. Konten orisinal punya orang lain dijadikan konten pribadi alias copas. Sebenarnya copas itu boleh, mengapa? Karena semua situs web pasti mendapat informasi dari situs web lain. Tapi tidak harus semua kalimat dari awal paragraf hingga titik terakhir pun di copas. Buatlah konten tersebut dengan tulisan kita. Tentu ada sedikit perbedaan dari variasi kata dari setiap orang. Lebih bagus lagi jika kita meletakkan link sumber konten tersebut. Tapi saya tidak menyarankan untuk meng-copas artikel orang lain.
  • Tampilan Situs & Pengalaman Pengguna
  • Blog haruslah memiliki tampilan yg user-friendly, enak dipandang mata, serta tidak acak-acakan. Blog yg rapi tentu membuat pengunjung betah sehingga membuat pengalaman penggunan menjadi baik. Blog juga harus responsive terhadap tampilan mobile, sehingga mudah diakses melalui smartphone karena kini google telah mempertimbangkan blog yg memiliki tampilan mobile. [Baca: Tapike Template: Seo Responsive Blogger Template]
Sebenarnya masih banyak syarat lain agar tidak ditolak google adsense. Namun saya hanya menjelaskan beberapa masalah internal yg sering kita jumpai kala mendaftar google adsense.

Penyebab Eksternal Ditolak Google Adsense

Penyebab ditolak google adsense secara eksternal ini bukan berasal dari blog melainkan masalah yg memang sulit untuk kita terima sebagi blogger Indonesia. Ya, saya sudah melakukan beberapa riset walaupun tidak secara mendalam dan berikut beberapa kesimpulan yg dapat diambil.
  • Pajak Penghasilan Online
  • Menurut saya, blogger Indonesia sering ditolak google adsense mungkin karena pemeritah Indonesia belum menetapkan pajak penghasilan secara online. Jadi sulit bagi google adsense untuk menerima situs Indonesia. Hal ini saya temukan ketika ditolak 30 kali lebih oleh adsense. Kemudian saya membuat akun baru dengan menggunakan alamat US. Dalam 2 hari saja, langsung full approve. Tapi sayangnya akun tersebut tidak bisa diuangkan karena tidak bisa verifikasi alamat. Hal ini karena tidak bisa merubah alamatnya ke Indonesia dengan alasan negara Indonesia tidak mendukung. Saya masih binggung dengan kata "tidak mendukung" tersebut. Kemudian saya mengasumsikan bahwa permasalahan tersebut berasal dari pajak penghasilan.
Demikianlah penjelasan saya mengenai penyebab ditolak google adsense terus menerus. Harapannya semoga pajak online di Indonesia segera dibuat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa like dan share.
5 Comments Blogger
Disqus
  1. good, thanks for your information

    BalasHapus
  2. Masih harus sabar aja untuk menjadi publisher GA karena penolakan. :-(

    BalasHapus
  3. Yang penting jangan menyerah aja ..
    kalo udah putus asa ..
    lihat aja teman2 kita yang udah berhasil awalnya mereka juga pemula seperti kita .. Thanks Rakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha :D
      Lon pih ka mumang ngen Adsense nyoe bang :D

      Hapus


Join This SiteInstagram