Tapike.com

10 Tradisi Unik Hari Valentine Di Dunia

10 Tradisi Unik Hari Valentine Di Dunia - Menjelang hari Valentine, toko dipenuhi dipenuni dengan permen hati, coklat dan boneka. Di Amerika Serikat, rak toko penuh dengan boneka beruang dan kotak coklat adalah hal yg biasa saat Valentine. Namun berbeda dengan 10 tradisi unik hari Valentine dari 10 negara dibawah ini, ada negara yg hanya menukar sendok kayu sebagai perayaan hari Valentine. Ada juga yg tidak merayakannya. Berikut 10 tradisi unik hari Valentine di dunia.

1. Tradisi Unik Gaekkebrev, Denmark

Gaekkebrev
Tradisi unik Valentine pertama adalah Gaekkebrev. Gaekkebrev adalah sebuah puisi lucu atau sajak ygg ditulis pada pada potongan kertas dan ditandatangani hanya dengan titik-titik anonim dan hanya diberikan kepada wanita. Jika wanita yang menerima gaekkebrev bisa menebak siapa pengirimnya, maka dia akan mendapatkan telur Paskah akhir tahun. Tradisi unik lainnya adalah bertukaran bunga putih yg biasa disebut Snowdrops. Hari Valentine di Denmark adalah hari libur yang relatif baru yg dirayakan sejak awal tahun 1990-an.

2. Tradisi Unik Loterie d'amour, Perancis

Loterie d'amour
Tradisi unik Valentine selanjutnya adalah membakar foto orang yg dibenci. Kita tahu bahwa Perancis adalah negara paling romantis, dan sudah sangat laman merayakan Valentine. Tapi ada tradisi unik bernama Loterie d'amour, dimana pria dan wanita berkumpul dalam satu rumah untuk mencari pasangan yg cocok. Bila sang pria tidak merasa cocok dapat meninggalkan si waninta begitu saja. Sedangkan wanita yg tersisa tanpa pasangan yg cocok akan berkumpul lagi untuk membakar api unggun. Saat membakar api unggun, mereka membakar foto pria yg mereka benci, menyumpah hingga menghinanya.

3. Tradisi Unik White dan Black Day, Korea Selatan

Jajangmyeon
Tradisi unik Valentine selanjutnya adalah White day dan Black day. Korea Selatan merayakan hari Valentine dari bulan Februari hingga April. Pada 14 Februari orang Korea Selatan merayakan Valentine sama seperti biasa yaitu dengan memberi cokelat, permen dan bunga. Kemudian berlanjut pada 14 Maret yg disebut dengan White Day, dimana setiap pasangan tidak hanya memberikan cokelat, permen ataupun bunga, tapi juga sebuah hadiah. Bagi yg tidak punya pasangan alias jomblo, 14 April adalah hari mereka merayakan Valentine. Hari itu disebut Black day, yg dirayakan dengan memakan Jajangmyeon atau mie pasta kacang hitam.

4. Tradisi Unik Love Spoon, Wales

Love Spoon
Tradisi unik Valentine selanjutnya adalah Love Spoon. Pada awal abad ke-17, Para pria wales mengukir sendok kayu dan diberikan kepada wanita sebagai tanda kasih sayang. Pola dan simbol yang diukir pada sendok cinta ini, masing-masing memiliki arti yg berbeda. Seperti ukiran sepatu kuda yg berarti keberuntungan, roda yang melambangkan dukungan dan kunci yg melambangkan untuk hati manusia. Orang-orang di wales tidak merayakan hari Saint Valentine melainkan merayakan hari Saint Dwynwen pada setiap tanggal 25 Januari.

5. Tradisi Unik Qixi, Cina

Qixi
Tradisi unik Valentine selanjutnya adalah Qixi. Qi Xi sering juga disebut sebagai hari Valentine Cina. Qixi dirayakan pada hari ketujuh dalam bulan ketujuh kalender Cina. Gadis muda memamerkan keterampilan seni mereka terutama mengukir melon. Pada hari ini dan berhajat agar mendapatkan suami yg baik. Tradisi unik lainnya adalah gadis muda melemparkan jarum jahitan kedalam sebuah mangkuk yang penuh diisi air di malam Qi Xi sebagai ujian keterampilan menyulam. Jika jarum itu terapung dipercaya bahwa gadis itu mahir menyulam.

6. Tradisi Unik Jack Valentine, Inggris

Jack Valentine
Tradisi unik Valentine selanjutnya adalah Jack Valentine. Di kota Norfolk, Jack Valentine dianggap sebagai seorang Santa versi hari Valentine. Anak-anak di kota tersebut menunggu untuk mendengar Jack Valentine mengetuk pintu rumah mereka untuk meberikan permen dan hadiah. Tradisi unik lainnya adalah wanita di Inggris menempatkan lima lembar daun salam di bantal mereka. Hal ini dipercaya agar mereka bermimpi bagaimana rupa suami mereka kelak. Ada juga yg membasahi daun salam tersebut dengan air mawar sebelum diletakkan di dalam bantal.

7. Tradisi Unik Pernikahan Massal, Filipina

Pernikahan Massal Di Filipina
Tradisi unik Valentine selanjutnya adalah Pernikahan Massal. Perayaan hari Valentine di Filipina mirip dengan perayaan di negara-negara Barat. Tapi ada satu tradisi unik tengah melanda negara Filipina yg menyebabkan ribuan pasangan berbagi hari pernikahan pada tanggal 14 Februari. Pernikahan massal menjadi popularitas di Filipina dalam beberapa tahun terakhir. Ratusan pasangan berkumpul di mal atau tempat umum lainnya di untuk menikah atau memperbarui janji mereka secara massal.

8. Tradisi Unik Dia dos Namorados, Brazil

Dia dos Namorados
Tradisi unik Valentine selanjutnya adalah Dia dos Namorados. Dengan Karnaval diadakan sekitar bulan Februari atau Maret setiap tahun, Brasil melewatkan perayaan 14 Februari dan sebagai gantinya merayakan Dia dos Namorados pada tanggal 12 Juni. Selain pertukaran cokelat, bunga dan kartu, festival musik dan pertunjukan juga diadakan. Pemberian hadiah tidak hanya pada pasangan. Di Brazil, orang merayakan hari kasih sayang ini dengan bertukar hadiah dan berbagi makan malam dengan teman-teman dan kerabat mereka juga.

9. Tradisi Unik Lupercalia, Afrika Selatan

Lupercalia
Tradisi unik Valentine selanjutnya adalah Lupercalia. Seperti di belahan dunia lainnya, Afrika Selatan merayakan hari Valentine dengan festival, bunga dan cokelat. Ada juga adat bagi perempuan di Afrika Selatan untuk menuliskan nama pria yg dicintai pada lengan mereka pada 14 Februari. Ini merupakan tradisi Romawi kuno yang dikenal sebagai Lupercalia. Dalam beberapa kasus, ini adalah bagaimana laki-laki Afrika Selatan mengetahui pengagum rahasia mereka.

10. Tradisi Unik Baci Perugina, Italia

Baci Perugina
Tradisi unik Valentine terakhir adalah Baci Perugina. Baci Perugina adalah salah satu hadiah paling populer saat Valentine di Italia adalah Baci Perugina. Baci Perugina merupakan cokelat tertutup hazelnut dibungkus dengan kata-kata romantis yg dicetak dalam empat bahasa. Tradisi unik lainnya adalah gadis perempuan bangun saat fajar hari Valentine. Ada keyakinan bahwa pria pertama yg dilihat wanita tersebut pada Hari Valentine adalah pria yang akan menikahnya.
2 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram