Tapike.com

10 Hobi Yang Membuat Otak Lebih Cerdas

10 Hobi Yang Membuat Otak Lebih Cerdas - Ada persepsi umum bahwa kita tidak bisa berbuat banyak untuk meningkatkan kecerdasan otak. Hampir semua orang percaya bahwa cerdas ditentukan pada saat kita lahir. Padahal kenyataannya tidak demikian. Jika memang kita cerdas, coba pikir, pasti ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat otak lebih cerdas. Hobi merupakan bagian integral dari kehidupan manusia dan bila dikembangkan, hobi ternyata bisa membuat otak lebih cerdas. Berikut 10 hobi yang membuat otak lebih cerdas.
10 Hobi Yang Membuat Otak Lebih Cerdas

1. Bermain Alat Musik

Musik memiliki kekuatan untuk memanggil emosi yang kompleks dan keadaan psikologis. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik dan memainkannya bisa meningkatkan kapasitas memori otak. Bermain alat musik mengajarkan kita tentang kesabaran dan ketekunan karena membutuhkan waktu dan usaha untuk bisa memainkan alat musik. Bermain alat musik juga bisa mempertajam konsentrasi Anda.

2. Banyak Membaca

Membaca ternyata dapat mengurangi stres, membantu kita masuk kedalaman emosi tertentu yang membuat otak lebih cerdas. Membaca sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan tentang subjek tertentu, mempersiapkan segala macam situasi dan menjadi lebih produktif dalam bagaimana cara kita mencapai tujuan hidup.

3. Meditasi

Manfaat utama dari meditasi adalah membantu kita fokus pada diri sendiri dan mengetahui bagaimana diri sejati kita. Meditasi membantu mengurangi tingkat stres dan menghilangkan segala macam kekhawatiran. Dalam keadaan tenang yang diperoleh melalui meditasi, kita dapat belajar, berpikir dan merencanakan hal-hal dengan cara yang jauh lebih efektif. Meditasi secara teratur membantu kita untuk memiliki kontrol penuh atas diri kita. Metode pengendalian diri merupakan hal yang paling penting ketika kita ingin meningkatkan kecerdasan otak.

4.  Olahraga Otak

Sama seperti olahraga secara teratur untuk menjaga tubuh tetap bugar, kita juga perlu berolahraga otak agar otak tetap dalam kondisi yang baik. Menantang otak untuk melakukan hal-hal yang baru dapat meningkatkan kemampuan serta menjaga otak tetap tajam dalam berpikir. Olahraga otak dapat dilakukan dalam banyak cara seperti bermain sudoku, teka-teki, catur dll. Semua kegiatan ini membantu otak untuk terus membentuk koneksi baru, belajar menanggapi berbagai situasi dengan cara yang kreatif serta mengembangkan kemampuan untuk melihat sesuatu dari banyak perspektif yang berbeda.

5. Olahraga Secara Teratur

Selain olahraga otak kita juga perlu olahraga tubuh. Tubuh yang sehat memastikan bahwa kita memiliki otak yang sehat. Berolahraga secara teratur membuat otak dan tubuh berfungsi seperti yang seharusnya dan bisa mengurangi ketegangan otak. Dokter setuju bahwa sirkulasi darah yang baik ke otak dapat meningkatkan fungsi otak. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa latihan kardiovaskular dapat membuat sel-sel baru pada otak yang membuat otak lebih cerdas.

6. Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing mungkin bukan tugas yang mudah namun memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah membuat otak lebih cerdas. Proses belajar bahasa asing melibatkan proses-proses seperti menganalisis struktur gramatikal serta kata-kata baru yang meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak. Ini juga telah dibuktikan melalui berbagai percobaan bahwa orang yang memiliki kecerdasan tingkat tinggi secara verbal-linguistik akan lebih mudah dalam perencanaan, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.

7. Menulis

Ada jutaan manfaat yang dapat kita peroleh dari menulis termasuk membuat otak lebih cerdas. Menulis dapat meningkatkan kemampuan linguisti, membantu Anda mengembangkan keterampilan seperti fokus, kreativitas, imajinasi, dan pemahaman. Penulis sering dianggap sebagai seseorang yang memiliki tingkat intelijen yang sangat tinggi. Anda dapat menulis dengan cara yang berbeda.

8. Mengunjungi Tempat Baru

Jalan-jalan ternyata bukan sekedar cara untuk membunuh kebosanan hidup tapi ada banyak positif menyangkut otak dibalik semua itu. Mengunjungi tempat-tempat baru ternyata bisa meningkatkan kecerdasan otak. Setiap tempat baru yang kita kunjungi akan membuat otak belajar tentang sebuah kondisi yang tidak pernah kita temui sebelumnya seperti orang yang berbeda, makanan, budaya serta gaya hidup.

9. Memasak

Banyak dari kita merasa bahwa memasak adalah hal yang membuang-buang waktu. Kita harusnya merasa senang ketika memiliki kesempatan untuk memasak. Koki dan orang-orang yang sering memasak berbagai makanan memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Setiap kali kita memasak sesuatu, kita akan belajar menjadi orang yang multitasking , mengukur dengan presisi dan membuat keputusan yang cepat. Tentu hal dengan keterampilan ini akan membuat otak lebih cerdas.

10. Atlet Olahraga

Berpartisipasi secara teratur dalam kegiatan olahraga tidak hanya melatih otot tetapi juga otak. Keterlibatan dalam olahraga juga bisa meningkatkan daya tanggap, koordinasi, kemampuan dan keyakinan. Atlet top dikenal karena mereka memiliki intelijensi yang tinggi. Tidak peduli apakah Anda bermain sepak bola, bola basket atau kriket apabila dilakukan dengan cara teratur maka akan membuat otak menjadi lebih cerdas.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram