Tapike.com

10 Tips Menghemat Uang

10 Tips Menghemat Uang - Banyak orang yang memiliki uang tetapi tidak dipergunakan untuk hal-hal yang lebih penting. Apalagi seperti kalangan pelajar dan mahasiswa yang tidak memiliki gaji sendiri dan selalu mengandalkan uang orang tua untuk keperluan sehari-hari. Mungkin kita tidak sadar bagaimana pengorbanan orang tua untuk memberikan uang jajan kepada anak-anaknya setiap hari. Disini, saya akan membagikan tips menghemat uang yang yang mudah untuk kalian lakukan. Berikut adalah 10 tips Menghemat Uang.

10 Tips Menghemat Uang

10 Tips Menghemat Uang
1. Lunasi Hutang Kamu

Tips menghemat uang pertama adalah lunasilah setiap hutang-hutang mu. Coba kamu bayangkan harus berapa banyak kamu keluarkan uang untuk membayar utang setiap bulannya, padahal uang itu dapat kamu simpan untuk keperluan lainnya. Jadi sebaiknya hilangkan kebiasaan kamu untuk berhutang. Pergunakan saja uang jajan yang diberikan orang tua seperlunya dan manfaatkan seadanya.

2. Biasakan Diri Untuk Menabung

Tips menghemat uang kedua adalah menabung. Ini merupakan salah satu tips yang terbaik untuk menghemat uang. Motivasi sangat diperlukan untuk melakukan tips ini. Buatlah suatu kebiasaan untuk menabung, jangan hanya sekali atau dua kali saja kamu ingin menabung tapi cobalah terapkan setiap harinya. Jika kamu sulit melakukan ini, anggap saja tabungan itu seperti sebuah tagihan yang harus kamu lunasi setiap harinya. Dengan menabung, kamu pun dapat menikmati hasilnya di kemudian hari.

3. Jangan Membawa Uang Banyak di Dompet

Tips menghemat uang ketiga adalah jangan membawa uang yang terlalu banyak di dompetmu. Mungkin kita sering menarik uang dari atm dalam jumlah yang besar agar tidak harus selalu kembali ke atm hanya untuk mengambil uang. Ini merupakan cara yang salah untuk kamu yang ingin menghemat uang. Hal ini justru membuat kamu lebih banyak mengeluarkan uang untuk berbelanja dan menghabiskannya untuk hal-hal yang tidak penting. Jadi menurut saya, sebaiknya ambillah uang dari atm kamu secukupnya dan buatlah target untuk pengeluaran sehari-sehari kamu.

4. No Smoking!

Tips menghemat uang keempat adalah berhentilah merokok. Wow, mungkin cara ini tidak bisa kamu lakukan khususnya bagi para lelaki. Tidak merokok bukanlah suatu hal yang dengan mudah untuk dilakukan. Tetapi kamu bisa mengurangi kebiasan merokokmu setiap harinya, misalnya yang biasanya merokok menghabiskan 12 batang sehari, cobalah untuk mengurangi jumlah konsumsi rokok dengan 5 batang perhari dan kurangi secara perlahan-lahan.

5.  Jangan Makan Diluar

Tips menghemat uang kelima adalah jangan sering makan diluar. Berhentilah dari kebiasaan kamu yang selalu makan diluar bersama teman-temanmu. Cobalah masak sendiri dirumah. Hal ini dapat menghemat uang jajanmu karena biaya untuk masak sendiri di rumah lebih murah dibandingkan harus makan diluar atau membeli makanan diluar. Jika kamu tidak sempat untuk pulang ke rumah untuk makan, bawa saja bekal makan siang dari rumah.

6. Kurangi Jajan

Tips menghemat uang keenam adalah mengurangi jajan kamu sehari-hari. Jika biasanya kamu sering membeli makanan ringan atau membeli minuman softdrink, mulai sekarang cobalah kurangi mengkonsumsinya. Karena apabila kamu selalu mengkonsumsinya akan semakin membuat keuangan kamu menipis. Selain menghemat uang, hal ini juga baik bagi kesehatan kamu.

7. Manfaatkanlah Semua Fasilitas Gratis

Tips menghemat uang ketujuh adalah memanfaatkan semua fasilitas gratis. Banyak sekali fasilitas-fasilitas gratis yang dapat kamu gunakan, seperti wifi gratis dan buku-buku yang ada di perpustakaan. Jadi kamu tidak perlu lagi membeli kuota internet untuk internetan. Kamu cukup menggunakan wifi gratis dan kamu juga tidak harus membeli buku-buku, cobalah untuk mengunjungi perpustakaan. Mungkin di perpustakaan ada buku yang kamu inginkan dan kamu bisa meminjamnya tanpa harus membeli.

8. Cari Hiburan Yang Murah

Tips menghemat uang kedelapan adalah mencari hiburan-hiburan yang murah. Hiburan adalah hal yang penting dalam kehidupan untuk mengurangi rasa penat dan lelah kita. Namun, kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk melakukan ini. Mungkin biasanya kamu mengeluarkan banyak uang untuk menonton di bioskop atau karaoke diluar yang perjamnya bisa sangat mahal. Hal ini membuat kamu banyak mengeluarkan uang. Cara lain untuk mendapatkan hiburan, kamu bisa membeli dvd bersama teman-temanmu untuk menonton.

9. Tidak Perlu Merayakan Ulang Tahun Orang Lain

Tips menghemat uang kesembilan adalah jangan merayakan ulang tahun orang lain. Perayaan ulang tahun memang sangat populer belakangan ini apalagi dikalangan remaja-remaja. Mereka biasanya mengeluarkan banyak uang untuk melakukan surprise ulang tahun temannya dengan membeli kado, kue, balon, dan lain sebagainya. Padahal kita tidak perlu melakukan itu semua, dengan memberi ucapan selamat ulang tahun saja itu juga sudah cukup tidak perlu sampai berlebihan apalagi kamu belum memiliki uang sendiri dan masih mengandalkan uang orang tua.

10. Disiplin

Tips menghemat uang terakhir adalah disiplin. Ini merupakan tips yang paling penting untuk menghemat uang. Seberapa keras pun kamu mencoba berbagai hal untuk menghemat uang, namun apabila kamu tidak disiplin maka pekerjaan yang kamu lakukan akan sia-sia. Disiplin disini maksudnya kamu mampu mengontrol diri sendiri untuk melakukan tips-tips diatas. Cobalah mencari motivasi untuk kedisiplinan ini. Mungkin hal ini memang sulit, tapi kalau kamu sudah terbiasa maka sikap disiplin untuk menghemat uang ini akan menjadi bagian dalam hidup kamu.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram