Tapike.com

Robert Hooke, Sang Penemu Serba Bisa

Robert Hooke, Sang Penemu Serba Bisa
Robert Hooke, Sang Penemu Serba Bisa - Robert Hooke dikenal sebagai Renaissance Man dari abad ke-17 untuk penemuannya dalam bidang sains, yang mencakup bidang astronomi, fisika dan biologi. Lahir di Freshwater, Isle of Wight, Inggris pada 18 Juli 1635, Robert Hooke menempuh pendidikan di Oxford dan menghabiskan karirnya di Royal Society dan Gresham College. Dia sangat diakui atas pengamatanannya saat menggunakan mikroskop. Hooke juga terkenal dengan Hukum Hooke, yang membahas mengenai elastisitas. Hooke meninggal di London pada 3 Maret 1703.

Biografi Robert Hooke, Sang Penemu Serba Bisa

Robert Hooke lahir di kota Freshwater, Isle of Wight, Inggris pada 18 Juli, 1635. Ayahnya John Hooke, merupakan seorang pendeta gereja lokal dan ibunya bernama Cecily Gyles. Awalnya Robert Hooke adalah anak yang sering sakit-sakitan, kemudian beliau tumbuh menjadi seorang yang tertarik pada bidang seni lukis dan mahir membuat mainan. Setelah kematian ayahnya pada 1648, umur 13 tahun, Robert Hooke dikirim ke London untuk belajar seni lukis dengan pelukis Peter Lely. Minatnya ke seni lukis hanya sementara, ia mendaftarkan diri di sekolah Westminter untuk belajar matematika. 

Pada tahun 1653, Robert Hooke masuk ke Universitas Oxford selama dua tahun, dengan dana  dengan bekerja sebagai asisten Robert Boyle. Robert Boyle ketika itu baru datang dari Oxford dan sedang mencari asisten untuk membantu dalam pembuatan pompa udara. Robert Hooke menghabiskan waktu dengan Boyle selama dua dekade dan menghasilkan kemajuan luar biasa pada bidang mesin.
Robert Hooke diangkat sebagai kurator eksperimen di Royal Society yang baru dibentuk di London pada tahun 1662, posisi ini diperoleh atas dukungan Robert Boyle. Pada tahun 1665, ia menerima posisi sebagai profesor bidang geometri di Gresham College di London, menggantikan posisi Issac Borrow. Ia juga menerbitkan sebauh buku yang diberi judul Micrographia di tahun yang sama.

Ketika kebakaran besar menghancurkan banyak bangunan di London pada tahun 1666, Dewan kota memilih Robert Hooke menjadi surveyor kota. Bekerja dibawah pengawasan Cristopher Wren, ia mendesain ulang jalan serta bangunan yang terbakar.

Penemuan Robert Hooke yang paling penting adalah Micrographia, sebuah dokumentasi percobaan yang ia buat dengan mikroskop dan digambarkan ke dalam buku. Dalam penelitian inovatif ini, ia menciptakan istilah sel sambil membahas struktur gabus. Dia juga menggambarkan lalat, bulu dan kepingan salju, dan fosil. Tahun 1678, Robert Hooke menerbitkan teori elastisitas yang hingga sekarang dikenal dan masih digunakan yaitu Hukum Hooke

Robert Hooke mengalami hidup yang kurang bahagia. Ia sering mengalami sakit pencernaan, pusing, dan penyakit diabetes. Pada tahun 1702, ia mengalami kebutaan dan satu tahun berikutnya, tepatnya pada tanggal 3 Maret 1703, Robert Hooke meninggal dunia di Gresham College, London, Inggris.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram