Tapike.com

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia - Patung merupakan sebuah benda tiga dimensi yang dibuat oleh manusia sebagai sebuah seni. Sering kali patung dibuat untuk mengenang suatu peristiwa maupun tokoh terkenal. Pada masa lalu patung dijadikan sebagai berhala, simbol Tuhan atau Dewa yang disembah. Tapi seiring dengan makin rasionalnya cara berfikir manusia, maka patung tidak lagi dijadikan berhala melainkan hanya sebagai karya seni belaka. Dibawah ini terdapat 10 patung paling terkenal di dunia.

1. Patung Liberty, Amerika Serikat

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia
Patung paling terkenal pertama adalah Patung Liberty. Terletak di Pulau Liberty di kota Manhattan, patung itu diberikan sebagai hadiah dari orang-orang Perancis untuk merayakan ulang tahun ke 100 tahun penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat pada 28 Oktober 1886. Patung ini merupakan ikon kebebasan serta simbil dari Amerika Serikat.

2. Patung Kristus Penebus, Brasil

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia
Patung paling terkenal selanjutnya adalah Patung Kristus Penebus. Patung Kristus Penebus dianggap patung terbesar di dunia dan patung Yesus terbesar ke-5 di dunia. Dengan tinggi sekitar 30 meter, patung kristus penebus menjadi monumen yang paling terkenal di Brasil. Patung ini terletak di puncak gunung Corcovado, 700 meter di atas permukaan laut. Patung yang dibangun antara tahun 1926 dan 1931 tersebut telah menjadi ikon kota Rio de Janeiro.

3. Patung Sphinx, Mesir

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia
Patung paling terkenal selanjutnya adalah Patung Sphinx. Sphinx adalah patung yang terbuat dari batu kapur dari makhluk mitos dengan tubuh singa dan kepala manusia. Patung Sphinx terletak di dataran tinggi Giza di tepi barat Sungai Nil, Mesir. Patung Sphinx juga merupakan patung monolit terbesar di dunia serta  monumen tertua di dunia. dengan panjang 73 meter, lebar 19 meter dan tinggi 20 meter. Diyakini patung Sphinx telah dibangun oleh orang Mesir kuno sekitar tahun 2558-2532 SM

4. Patung Moai, Chili

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia
Patung paling terkenal selanjutnya adalah Patung Moai. Patung Moai adalah sebuah patung berbentuk sosok manusia yang diukir dari batu oleh masyarakat Rapa Nui sekitar tahun 1250 hingga 1500. Hampir semua moai memiliki kepala lebih besar dari ukuran patung keseluruhan. Patung moai tertinggi yang disebut Paro, memiliki tinggi hampir 10 meter dan beratnya sekitar 75 ton. Patung Moai yang terberat hanya memiliki tinggi 21 meter dengan berat seberat 86 ton.

5. Patung David, Italia

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia
Patung paling terkenal selanjutnya adalah Patung David. Patung David adalah karya dari Renaissance yang dibuat antara tahun 1501 hingga 1504 oleh seniman Italia bernama Michelangelo. Patung David adalah patung yang terbuat dari marmer berbentuk tubuh manusia menyerupai laki-laki dengan tinggi sekitar 5 meter. Patung ini terletak di Galeri Accademia di Florence sejak 1873.

6. Patung Olmec, Meksiko

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia
Patung paling terkenal selanjutnya adalah patung Olmec. Olmec merupakan bangsa yang berasal dari peradaban kuno Pra-Columbus yang tinggal di Meksiko. Peradaban Olmec berkembang dari 1400 SM sampai 400 SM. Aspek yang paling dikenal dari peradaban Olmec adalah kepala helm besar karena mereka menganggap kepala adalah potret dari penguasa. 17 kolosal kepala telah ditemukan, dan memiliki berbagai ukuran dari yang tertinggi sekitar 3,4 m hingga yang terpendek sekitar 1,47 m.

7. Patung Motherland, Rusia

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia
Patung paling terkenal selanjutnya adalah Patung Motherland. Motherland atau disebut juga The Motherland Calls adalah sebuah patung yang terletak di Volgograd dan dibangun untuk memperingati Pertempuran Stalingrad. Motherland pernah menjadi patung terbesar di dunia pada tahun 1967 dengan tinggi 85 meter atau 279 kaki. Patung Motherland pertama kali dibuat 15 Oktober 1967.

8. Patung The Thinker

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia
Patung paling terkenal selanjutnya adalah Patung the Thinker. The Thinker adalah sebuah patung perunggu yang dibuat oleh Auguste Rodin. Patung in didesain menyerupai sosok laki-laki duduk di atas batu dengan kepala bertumpu pada dagunya seolah-olah tenggelam dalam pikiran dan sebagai gambaran untuk mewakili filosofi. Patung ini pertama kali dibuat tahun 1902.

9. Patung The Little Mermaid, Denmark

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia
Patung paling terkenal selanjutnya adalah Patung the Little Mermaid. The Little Mermaid adalah sebuah patung perunggu yang menggambarkan putri duyung yang terletak di Kopenhagen, Denmark. Patung ini adalah ikon dari kota Kopenhagen dan telah menjadi daya tarik wisata sejak tahun 1913. Patung ini memiliki tinggi 1,25 meter.

10. Patung Terrace of the Lions, Yunani

10 Patung Paling Terkenal Di Dunia
Patung paling terkenal terkhir adalah patung Terrace of the Lions. Patung Terrace of the Lions terletak di Pulau Delos, Yunani. Pulau Delos adalah salah satu situs mitologi, sejarah dan arkeologi yang paling penting di Yunani. Patung The Terrace dari Lions didedikasikan untuk Apollo oleh masyarakat Naxos pada tahun 600 SM. Awalnya ada sekitar 12 patung yang berdiri di  sepanjang Sacred Way, tetapi sekarang hanya 5 patung yang masih utuh dan telah dipindahkan ke Museum Delos pada tahun 1999.
4 Comments Blogger
Disqus
  1. Baru tau ada patung Patung Motherland, Rusia di rusia,
    kren, lebih kerin dari liberti, punya paman sam...

    keep blogging bro...

    BalasHapus
  2. Kebetulan saya sempat jalan-jalan ke Manhattan akhir tahun 2015 kemaren kalau diliat dari dekat patung Liberty ada mempunyai daya tarik tersendiri.Saya aja liatnya terkagum-kagum tapi lebih kagum lagi sewaktu saya liat Candi Borobudur sih..hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih, kah icah sudah pernah jalan2 ke Amerika ya ? :D
      Haha emang iya mas, punya Indonesia tidak kalah terkenal sama punya luar negeri :D

      Hapus


Join This SiteInstagram