Tapike.com

Selain Jago Memanah Ikan Ini Juga Bisa Mengenali Wajah Manusia

Selain Jago Memanah Ikan Ini Juga Bisa Mengenali Wajah Manusia - Sebuah penelitian yang fantastis baru-baru ini dilakukan oleh peneliti dari Universitas Oxford. Peneliti tersebut menemukan bahwa ikan pemanah atau archerfish, selain bisa menyemprotkan air untuk menembak mangsa, ikan ini memiliki penglihatan dan otak yang tajam sehingga dapat mengenali wajah manusia.
Selain Jago Memanah Ikan Ini Juga Bisa Mengenali Wajah Manusia

Dan untuk pertama kalinya, peneliti dari Amerika Serikat dan Australia menemukan ikan yang mampu membedakan antara wajah manusia dengan tingkat akurasi yang tinggi. Dikutip dari DailyMail, Dr. Cait Newport, seorang peneliti di Universitas Oxford, menjelaskan bahwa membedakan antara sejumlah besar wajah manusia adalah suatu yang mungkin dibilang sulit untuk seekor ikan, terutama karena fakta bahwa semua wajah manusia memiliki fitur dasar yang sama.

"Semua wajah manusia memiliki dua mata di atas hidung dan mulut, karena itu untuk memberitahu orang-orang selain kita harus mampu mengidentifikasi perbedaan yang halus dan lebih detail pada wajah seseorang. " lanjut Dr. Cait.

Para peneliti percaya bahwa tugas mental seperti hanya bisa dilakukan oleh primata dan beberapa hewan mamalia lain seperti anjing. Namun, para peneliti ingin menguji apakah makhluk yang lebih kecil yang memiliki otak yang sederhana dan yang tidak perlu untuk mengenali wajah manusia, juga bisa melakukan identifikasi dan pengenalan terhadap wajah.

Bekerja sama dengan peneliti dari Universitas Queensland, para peneliti menemukan bahwa ikan pemanah mampu membedakan satu wajah dari hingga 44 wajah baru, meskipun tanpa korteks visual seperti yang ada pada primata. Penelitian ini memberikan bukti baru bahwa ikan memiliki kemampuan diskriminasi visual yang mengesankan.

Dalam penelitian tersebut, ikan pemanah diberikan dua gambar wajah manusia pada sebuah monitor diluar tanki dan dilatih untuk memilih dengan menyemprotkan air ke salah satu wajah pada monitor. Ketika wajah yang dipilih dicampur dengan wajah-wajah baru, ikan ini mampu mengenali wajah manusia yang mereka pilih saat belajar, bahkan ketika bentuk kepala atau warna dihapus dan diubah. Hasilnya, ikan ini dapat mengenali wajah manusia secara akurat.
Selain Jago Memanah Ikan Ini Juga Bisa Mengenali Wajah Manusia

Dr. Newport mengatakan, "Ikan memiliki otak lebih sederhana daripada manusia dan tidak memiliki bagian otak khusus untuk mengenali wajah seperti otak manusia. Meskipun demikian, kebanyakan ikan menunjukkan perilaku visual yang mengesankan. Hal ini dapat kita pelajari dengan menguji apakah otak yang lebih sederhana dapat menyelesaikan hal-hal yang rumit."

Dr. Newport menambahkan, "Faktanya bahwa ikan pemanah bisa mempelajari hal ini dengan menunjukkan bahwa otak yang rumit tidak selalu diperlukan untuk mengenali wajah manusia. Manusia mungkin memiliki bagian otak khusus untuk mengenali wajah sehingga dapat memproses sejumlah besar wajah yang sangat cepat."
1 Comments Blogger
Disqus
  1. hi there ! feel free to visit my blog n follow me back maybe :)

    http://www.jaguarfiey.blogspot.com

    BalasHapus


Join This SiteInstagram