Tapike.com

5 Tips Aman Berbelanja Online Di Internet

5 Tips Aman Berbelanja Online Di Internet - Sekarang sudah banyak orang yang meninggalkan cara berbelanja secara tradisional yang melibatkan fisik untuk masuk ke dalam pasar. Seiring dengan kemajuan zaman membeli suatu barang kini lebih mudah dengan berbelanja online di internet. Namun, tidak sedikit orang yang merasa skeptis terhadap situs jual beli karena masih banyaknya beredar kasus penipuan hingga pencurian identitas yang menambah horor situs jual beli di internet. Berikut 5 tips aman berbelanja online di internet yang mungkin dapat berguna bagi Anda saat belanja online.

5 Tips Aman Berbelanja Online Di Internet

1. Berbelanja Online Di Situs Terpercaya

Sebagian besar kasus penipuan dan pencurian identitas terjadi ketika transaksi jual beli online dilakukan melalui media sosial atau situs belanja yang tidak jelas. Inilah sebabnya mengapa Anda harus melakukan belanja online di situs yang populer dan terpercaya seperti eBay dan Amazon. Website ini populer bukan tanpa alasan, melainkan karena situs tersebut adalah otentik dan dapat dipercaya oleh pelanggan. Testimonial dan feedback dari sesama pelanggan bisa membuktikan legitimasi situs tersebut. Jadi carilah situs yang benar-benar terpercaya yang dapat dilihat melalui testimonial dan feedback dari pelanggan lainnya sebelum berbelanja online di internet.

2. Pastikan Situs Belanja Online Memiliki SSL Terenkripsi

5 Tips Aman Berbelanja Online Di Internet
Secure Socket Layer(SSL) adalah protokol keamanan yang mengamankan semua bentuk transaksi yang ada di website Anda. Mulai dari sekedar akses website hingga transaksi yang sensitif seperti pendaftaran, belanja online, email, hingga transaksi kartu kredit. Untuk situs yang memiliki SSL terenkripsi biasanya URL dimulai dengan HTTPS bukan HTTP dan juga terdapat ikon gembok tepat di samping URL di address bar atau di bagian bawah status bar tergantung pada jenis browser yang Anda gunakan.

3. Bijaksana Dalam Bertransaksi

5 Tips Aman Berbelanja Online Di Internet
Perlu diketahui bahwa setiap penjual pasti akan meminta beberapa informasi pribadi dalam proses transaksi, tapi info ini seharusnya hanya terbatas pada nama, alamat, nomor kontak, usia, dan nomor kartu kredit (tergantung pada mode pembayaran). Anda tidak harus memberikan rincian pribadi lainnya yang tidak berguna untuk transaksi belanja online karena ini dapat memberikan kesempatan bagi orang lain untuk mencuri identitas Anda.

4. Lengkapi Laptop Atau Gadget Dengan Antivirus

Pastikan Anda menginstal program antivirus yang akan melindungi Anda dari virus, program Malware, dan Spyware yang dapat mengakses informasi dari komputer maupun gadget Anda. Beberapa pencuri yang berteknologi tinggi mampu mengambil keuntungan dari metode ini untuk mencuri informasi dari pelanggan.

5. Periksa Laporan Rekening

Periksalah saldo rekening setelah berbelanja online di internet sehingga Anda yakin bahwa uang yang Anda bayar untuk membeli barang sesuai dengan jumlah yang diambil dari rekening tabungan. Jika membayar melalui kartu kredit, maka hubungi perusahaan kartu kredit Anda dan lihat transaksi terakhir. Hal ini untuk memastikan bahwa penjual tidak melakukan kecurangan.

Mungkin 5 tips berbelanja online di atas dapat meyakinkan Anda untuk tidak menjadi korban kasus penipuan dan pencurian identitas. Kebanyakan para korban adalah orang-orang yang ceroboh dan tidak mengamati perilaku yang tepat ketika berbelanja online. Namun, berhati-hatilah karena berbelanja online di internet dapat membuat kita kecanduan, oleh sebab itu kita harus mampu mengontrol diri dari kenyamanan yang ditujukan saat melakukan jual beli secara online. Perlu diingat bahwa Anda dapat membeli barang secara online kapan saja dan di mana saja selama Anda memiliki koneksi internet. Keuangan Anda akan sangat menderita apabila Anda kehilangan kontrol dari kebiasaan Anda membeli.
0 Comments Blogger
Disqus


Join This SiteInstagram